SOLOPOS.COM - Kawasan BTC Solo, (Solopos/Dok)

Kawasan BTC (Agoes Rudianto/JIBI/SOLOPOS)

SOLO- Tiga buah hotel baru bakal berdiri di sekeliling Keraton Kasunanan Surakarta, yakni di kawasan Benteng Trade Center (BTC), Yayasan Al Irsyad, serta di kawasan simpang Untung Suropati, Kelurahan Kedunglumbu.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Lurah Kedunglumbu, Koeswidhiyanto menjelaskan, tiga hotel tersebut saat ini tengah memroses perizinan ke Pemkot Solo. Satu di antaranya, yakni hotel di kawasan persimpangan Untung Suropati bahkan telah mendapatkan lampu hijau dari sebagian warga setempat.

“Kalau warga sudah setuju, biasanya izin IMB-nya juga lancar,” kata dia kepada solopos.com di ruang kerjanya, Selasa (24/4/2012).

Meski demikian, Koes belum mengetahui secara pasti seberapa tinggi hotel yang bakal berdiri di Kelurahan Kedunglumbu tersebut. Sebab, perizinan di Pemkot saat ini masih pada tahap izin pemanfaatan ruang (IPR).

Menanggapi hal itu, Ketua Eksekutif Lembaga Hukum Keraton Kasunanan Surakarta, KP Edy Wirabhumi menyambut positif rencana tersebut. Meski demikian, pihaknya mengingatkan agar Pemkot betul-betul mencermati kawasan cagar budaya di sekitar keraton.

Sebab, kata dia, yang masuk kawasan cagar budaya bukan semata bangunan keraton, melainkan juga kawasan di sekitarnya. “Jadi, pembangunan hotel itu harus mengacu dengan UU Cagar Budaya,” terangnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya