SOLOPOS.COM - Pengunjung menikmati suasana kawasan Objek Mata Air Cokro (OMAC), Kecamatan Tulung bersamaan dengan momen padusan, Jumat (1/4/2022). (Solopos.com/Taufiq Sidik Prakoso)

Solopos.com, KLATEN — Kabupaten Klaten dikenal memiliki banyak umbul. Berbekal potensi alam yang dimiliki tersebut, Klaten dikenal sebagai Kota 1.000 umbul.

Umbul di Klaten tersebar di berbagai daerah di Klaten. Seluruh umbul di Klaten memiliki air yang sangat jernih.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Berbagai umbul di Klaten tersebut memiliki ciri khas. Umbul Ponggok menawarkan pesona under water. OMAC Tulung dengan suasana alamnya, dan lainnya.

Di antara umbul yang berada di Klaten tersebar di beberapa kecamatan, seperti di Kecamatan Polanharjo, Kecamatan Tulung, Kecamatan Kebonarum, Kecamatan Ngawen, Kecamatan Jatinom, dan lainnya.

Jika anda tertarik piknik ke umbul di Klaten, berikut informasi tentang harga tike masuk (HTM) yang dihimpun Solopos.com:

Baca Juga: Kenapa di Klaten Banyak Umbul?

1. Objek Mata Air Cokro (OMAC)

Harga tiket masuk Objek Mata Air Cokro (OMAC) di Kecamatan Tulung, Klaten, Jawa Tengah, senilai Rp15.000/orang. Hal itu berlaku mulai 1 Maret 2020.
Tarif baru itu menyesuaikan Perda No 2/2020 tentang perubahan kedua atas Perda No 19/2011 tentang Retribusi Jasa Usaha. Sesuai Perda, tarif tiket masuk ke OMAC diberlakukan Rp15.000/orang. Nilai tarif tersebut naik dari yang selama ini berlaku Rp10.000 ditambah Rp500 untuk asuransi.

2. Umbul Ponggok

Pengelola Umbul Ponggok membedakan harga tiket saat hari biasa (weekdays) dengan weekend.

Tiket masuk reguler ke Umbul Ponggok senilai Rp10.000 per orang. Sementara, tiket masuk saat weekend atau Sabtu, Minggu, dan hari libur nasional Rp15.000 per orang.

3. Umbul Manten

Baca Juga: Mitos Mandi di Umbul Kroman Klaten, Dipercaya Menambah Aura Kecantikan

Pertengahan Januari 2020, harga tiket masuk di Umbul Manten masih senilai Rp6.000 per pengunjung (weekdays). Saat akhir pekan atau pun liburan, harga tiket senilai Rp10.000 per orang.

4. Umbul Pelem

Harga tiket masuk ke Umbul Pelem Rp8.000 per orang saat hari kerja dan Rp10.000 per orang saat akhir pekan dan hari libur nasional.

5. Umbul Nilo

Harga tiket Umbul Nilo setiap pengunjung senilai Rp6.000 setiap Senin-Jumat. Harga itu lebih tinggi saat memasuki weekend, yakni Rp10.000 per orang.

Baca Juga: Umbul Pelem Klaten Diserbu 1.500 Pengunjung, Omzet Pedagang Naik 300%

6. Umbul Kapilaler

Harga tiket masuk di umbul ini masih relatif terjangkau, yakni senilai Rp.6.000/orang.

7. Umbul Besuki

Harga tiket masuk ke umbul ini senilai Rp5.000 per orang.

8. Umbul Susuhan

Harga tiket masuk Umbul Susuhan Rp10.000.

Baca Juga: Keistimewaan Kabupaten Klaten, Kota 1.000 Candi dan Umbul

9. Umbul Jolotundo

Harga tiket masuk objek wisata air ini senilai Rp5.000 per orang.

10. Umbul Kroman

Hingga saat ini belum ada biaya masuk menuju Umbul Kroman. Bahkan, belum ada biaya parkir.

Selain umbul yang sudah disebutkan di atas, di Klaten masih terdapat berbagai umbul lainnya. Harga tiket masuk ke umbul di Klaten rata-rata sangat terjangkau oleh masyarakat dari berbagai kalangan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya