SOLOPOS.COM - Banjir merendam puluhan rumah warga di Songgorunggi, Desa Dagen, Kecamatan Jaten, Kabupaten Karanganyar, pada Selasa (14/3/2023) malam. (Solopos.com/Indah Septyaning Wardani)

Solopos.com, KARANGANYAR — Banjir merendam puluhan rumah warga di Songgorunggi, Desa Dagen, Kecamatan Jaten, Kabupaten Karanganyar, pada Selasa (14/3/2023) malam. Ketinggian air mencapai sepaha orang dewasa atau sekitar satu meter.
Warga di wilayah tersebut langsung dievakuasi ke lokasi aman dari banjir.

Kepala Dusun (Kasus) Songgorunggi, Ismail Soleh, mengatakan banjir merendam rumah warga di wilayah RT 001, RW 006 dan RT 002, RW 005. Banjir terjadi karena luapan air Sungai Songgorunggi. Wilayah tersebut sebelumnya dilanda hujan deras selama dua jam lebih pada Selasa sore.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

“Air sungai mulai meluap masuk ke rumah warga sejak pukul 20.00 WIB. Ketinggian air dari setengah meter sampai satu meter,” katanya kepada Solopos.com.

Saat ini proses evakuasi masih berjalan. Evakuasi warga korban banjir dilakukan dengan melibatkan sukarelawan dan petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Karanganyar. Proses evakuasi dilakukan dengan menggunakan perahu karet dan manual.

“Ada yang digendong relawan. Korban banjir ini kita evakuasi ke tempat aman,” katanya.

Kades Dagen, Andi Susilo Purnomo, mengatakan ada 25 keluarga terdampak banjir di Songgorunggi. Banjir sudah menjadi langganan bagi warga setempat karena berada di aliran Sungai Songgorunggi.

“Kondisi aliran sungai sudah mengalami pendangkalan. Sedimentasi sangat tinggi sehingga ketika hujan pasti air meluap,” katanya.

Berbagai upaya telah dilakukan pemerintah desa untuk penanganan banjir di Songgorunggi. Salah satunya dengan membangun talut di kawasan rawan banjir.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya