SOLOPOS.COM - Satpol PP dan Damkar Klaten membikin imbauan terkait pembuatan infrastruktur jalan serta berbagai ornamen perayaan HUT RI agar mempertimbangkan aspek mitigasi darurat kebakaran. (Istimewa/Satpol PP dan Damkar Klaten)

Solopos.com, KLATEN — Warga di berbagai wilayah Kabupaten Klaten mulai ramai memasang aneka atribut seperti bendera, umbul-umbul, hingga menghias gapura atau jalan untuk memeriahkan peringatan HUT ke-78 Kemerdekaan RI, 17 Agustus 2023.

Terkait hal itu, Satpol PP dan Damkar Klaten mengimbau agar pemasangan atribut itu dilakukan dengan mempertimbangkan aspek mitigasi serta kemudahan akses kendaraan pelayanan darurat seperti mobil pemadam kebakaran (damkar).

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

“Intinya pemasangan [gapura dan pernik-pernik sambut HUT RI] memperhatikan aspek keselamatan dan mitigasi kebakaran serta tidak menghambat akses mobil Damkar,” kata Kabid Damkar Satpol PP dan Damkar Klaten, Sumino, kepada Solopos.com, Selasa (1/8/2023).

Sumino mencontohkan pemasangan aneka pernik-pernik atau pembuatan gapura menyambut HUT RI dilakukan dengan memperhatikan ukuran mobil Damkar Klaten. Unit kendaraan Damkar memiliki tinggi 4 meter dengan lebar 2,8 meter dan panjang 8,2 meter.

Pemasangan atribut jangan sampai membuat jalan yang ada jadi lebih sempit sehingga berpotensi menghalangi masuknya mobil damkar ketika terjadi musibah kebakaran. Kemudahan akses mobil damkar itu sangat penting agar petugas bisa segera sampai di lokasi kebakaran dan melakukan pemadaman.

Sumino menjelaskan jumlah kejadian kebakaran selama Juli 2023 meningkat seiring masuknya musim kemarau. Pada Juni 2023, ada 26 kejadian kebakaran yang ditangani Damkar Klaten.

Sedangkan pada Juli 2023, kasus kebakaran tercatat sebanyak 60 kejadian atau naik lebih dari dua kali lipat dibandingkan jumlah kejadian pada Juni. Perincian kejadian kebakaran pada Juli meliputi 34 kejadian kebakaran lahan kosong.

Kemudian 10 kejadian kebakaran rumpun bambu, sembilan kebakaran bangunan, tiga kebakaran pada tumpukan kayu, tiga kebakaran oven kayu, serta satu kebakaran kendaraan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya