SOLOPOS.COM - Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsiapan Solo, Rahmat Sutomo, menjelaskan tentang rencana roadshow kendaraan perpustakaan atau bemo pustaka dalam rangka HUT ke-277 Kota Solo di kantor Dispersip, Rabu (9/2/2022). (Solopos/Suharsih)

Solopos.com, SOLO — Lima unit mobil perpustakaan keliling (perling) dan tiga unit bemo pustaka berbahan bakar listrik bakal dikerahkan untuk roadshow di sejumlah ruas jalan Kota Solo, Minggu (13/2/2022).

Kegiatan untuk memeriahkan peringatan Hari Jadi atau Ulang Tahun ke-277 Kota Solo, 17 Februari 2022. Delapan kendaraan perpustakaan itu akan diarak mulai dari Kantor Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) menuju Rumah Dinas Wakil Wali Kota Solo dekat Monumen Pers.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Dari situ, roadshow berlanjut ke Jl Ronggowarsito, tepatnya ke Dalem Padmosusastro di Kelurahan Timuran, Banjarsari, Solo. Selanjutnya roadshow berlanjut ke Ngarsopuro kemudian ke Bank Indonesia, Balai Kota, dan berakhir di kompleks Keraton Solo.

Baca Juga: Jadi Perdebatan, Sejarawan Dorong Penelitian Ulang Hari Jadi Kota Solo

Dalam perjalanan tersebut, delapan kendaraan perpustakaan akan melewati sejumlah penanda atau pengingat pujangga dan sastrawan Kota Solo. Mereka yakni Ronggowarsito, Yosodipiro, dan Ki Padmosusastro.

“Jadi roadshow nanti seolah menyapa para pujangga,” kata Sekretaris Dispersip Solo, Mufti Raharjo, dalam rapat koordinasi peringatan HUT Kota Solo di kantor dinas tersebut, Rabu (9/2/2022).

Baca Juga: Canthik Kyai Rajamala Jadi Inspirasi Logo HUT Kota Solo, Ini Gambarnya

Akreditasi Perpustakaan

Dalam rapat yang juga dihadiri Kepala Dispersip, Rahmat Sutomo, itu, terungkap selain roadshow bemo pustaka, juga akan ada serangkaian acara lain, yakni launching aplikasi Srikandi yang merupakan amanat Presiden Jokowi.

Ada juga penyerahan sertifikat akreditasi perpustakaan kepada 12 sekolah yang terakreditasi A di Kota Solo. Penyerahan sertifikat dilakukan bersamaan dengan upacara HUT Kota Solo pada 17 Februari mendatang. “Tahun ini kami mengajukan lagi kuota untuk akreditasi 50 perpustakaan,” kata Mufti.

Baca Juga: Kasus Covid-19 Terus Meroket, Event Hari Jadi Kota Solo Jalan Terus?

Sementara itu, mengingat situasi yang masih pandemi Covid-19, seluruh rangkaian acara peringatan HUT Kota Solo oleh Dispersip akan dilakukan dengan jumlah peserta terbatas. Termasuk saat roadshow bemo pustaka pada Minggu.

Kepala Dispersip Solo, Rahmat Sutomo, mengatakan saat ini peran kearsipan sangat dominan baik untuk komunitas masyarakat maupun personal. “Jadi ini HUT ke-277 Kota Solo adalah momentum kearsipan untuk tampil,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya