SOLOPOS.COM - Warga Brontowiryan RT 001/RW 001, Ngabeyan, Kartasura, Sukoharjo, memberikan kejutan perayaan HUT ke-77 TNI kepada Grup 2 Kopasus, Rabu (5/10/2022). (Solopos.com/Magdalena Naviriana Putri).

Solopos.com, SUKOHARJO — Dangrup 2 Kopassus menyerahkan dua kunci rumah hasil perbaikan rumah tak layak huni (RTLH) kepada dua warga asal desa binaan Grup 2 Komando Pasukan Khusus atau disingkat Kopassus Kandang Menjangan, Kartasura, Sukoharjo.

Kedua rumah tersebut ada di Kecamatan Gatak, dan Kecamatan Kartasura. Penyerahan itu juga untuk memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 TNI yang jatuh di hari itu yakni Rabu (5/10/2022).

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Komandan Grup 2 Kopassus Kandang Menjangan, Kolonel Inf Sabdono Budi Wiryanto, mengatakan dua rumah tersebut merupakan hasil kegiatan teritorial program unggulan kopassus.

Korps baret merah tersebut telah mengerjakan pembedahan rumah kurang dari satu bulan yakni sejak 12 September 2022 hingga 4 Oktober 2022 lalu.

“Kami dari rombongan Grup 2 Kopassus mau menyerahkan kunci [hasil bedah rumah RTLH] dan memberikan sedikit sembako. Semoga barokah dan mohon dirawat rumah ini, mohon maaf jika ada keterbatasan pembangunan, semoga rehab rumah ini membantu,” jelas Dangrup dalam pertemuannya dengan warga.

Baca juga: Rayakan HUT RI, Batalyon 22 Grup 2 Kopassus Gelar Olahraga Militer

Dalam kegiatan itu Dangrup menyerahkan dua kunci rumah, salah satunya kepada buruh lepas, warga Hargosari RT 003/RW 002 Sraten, Gatak, Sukoharjo, Widi Santoso, 46. Rumah yang dibedah itu diketahui milik orang tua Widi, yaitu Partini.

Dalam penyerahan kunci rumah tersebut, didampingi Kepala Desa setempat, Warsono, Widi mengungkapkan rasa terima kasihnya atas perbaikan rumahnya itu.

“Terima kasih kepada Komandan Grup 2 Kopassus, saya salut sekali dengan Grup 2 Kopassus, dulu rumah saya jelek sekarang dibangun menjadi baik dan layak saya huni,” terang Widi saat ditemui di rumahnya itu.

Diketahui rumah Widi sebelumnya telah banyak berlubang baik di atap maupun pada dinding yang hanya terbuat dari gedhek atau anyaman bambu itu. Kini rumah Widi telah berdiri kokoh dan tak lagi berlubang.

Penyerahan kunci kedua dilakukan di Brontowiryan RT001/RW 001, Ngabeyan, Kartasura. Diketahui rumah tersebut milik Sarmi Harjo Taruno, 83.

Baca juga: Bocah Sarat Prestasi Ini Berburu Gelar di Kejuaraan Menembak Kopassus

Janda anak lima tersebut nampak senang dan terharu meski secara lisan tidak mampu mengucapkan rasa terima kasihnya kepada Dangrup 2 Kopassus.

Sarmi melalui anaknya, Joko Prambono, 54 mengucapkan rasa terima kasihnya karena rumah orang tuanya itu kini sudah layak huni. Kepala Desa Ngabeyan, Djoko Raharjo turut berterima kasih karena Dangrup 2 Kopassus telah memberi perhatian pada warganya.

“Rehab rumah bu Suparmi selesai dan siap ditempati, untuk itu saya berterima kasih kepada Dangrup 2 Kopassus. Semoga rumah ini bisa membawa berkah bagi keluarga dan seluruh anggota Grup 2 Kopassus,” terang Djoko usai Dangrup 2 Kopassus menyerahkan kunci pada Suparmi.

Dalam kegiatan itu juga dihadiri beberapa perangkat desa di masing-masing wilayah juga Dansat dan Kasikabalak. Grup 2 Kopassus juga memberikan sejumlah sembako bagi beberapa warga setempat.

Baca juga: Perbakin Solo Terjunkan Atlet Cilik dalam Kejuaraan Menembak Kopassus

Tak disangka beberapa ibu-ibu warga Brontowiryan, Ngabeyan, Sukoharjo justru memberikan kejutan dengan memberikan tumpeng dengan menu nasi gudangan. Tak lupa mereka memberikan roti tart lengkap dengan lilin berangka 77 sesuai ulang tahun TNI.

Diketahui Grup 2 Kopassus pada 2022 juga telah membangun tujuh RTLH lain dan satu talut di Kartasura.

Pembangunan itu berbeda dengan dua rumah yang diberikan hari ini, mengingat tujuh rumah dan satu talut itu masuk dalam program bakti karya milik Grup 2 Kopassus. Sementara dua rumah hari ini masuk dalam program unggulan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya