SOLOPOS.COM - KETOPRAK PEJABAT -- Bupati Wonogiri Danar Rahmanto dan sejumlah pejabat tampil dalam pertunjukan ketoprak dalam rangka peringatan HUT Wonogiri, semalam di Pendapa Rumah Dinas Bupati. (JIBI/SOLOPOS/Trianto Hery Suryono)

KETOPRAK PEJABAT -- Bupati Wonogiri Danar Rahmanto dan sejumlah pejabat tampil dalam pertunjukan ketoprak dalam rangka peringatan HUT Wonogiri, semalam di Pendapa Rumah Dinas Bupati. (JIBI/SOLOPOS/Trianto Hery Suryono)

WONOGIRI – Para pejabat di Wonogiri untuk sementara waktu harus “turun pangkat” dan menjadi rakyat jelata yang jatuh bangun berjuang. Ada apa? Oh, ternyata itu hanya dalam rangka peran mereka dalam ketoprak peringatan HUT Wonogiri yang digelar semalam di Pendapa Rumah Dinas Bupati Wonogiri.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Bupati Wonogiri Danar Rahmanto tetap berperan penting sebagai Raden Mas Said, sementara Ketua DPRD Wawan Setya Nugraha, Kepala Kejaksaan Negeri Muhaji dan Dandim 0728 Wonogiri Kolonel (Inf) Murjoko berperan sebagai rakyat desa yang miskin dan tertindas. Sedangkan yang berperan sebagai berandal pengikut Belanda adalah Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Sri Wiyoso, Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Hernowo Narmodo dan Kepala Pengairan Energi dan Sumberdaya Mineral Arso Utoro.

Kisah mengambil tema Tri Dharma Mangkunegara yaitu melu handarbeni atau merasa ikut memiliki, melu hanggondheli atau ikut membela dan mulat sarira hangrasa wani atau berani instrospeksi diri.

Cerita diawali saat Raden Mas Said resah melihat kondisi saat itu yang dirongrong penjajah Belanda. Rakyatnya yang miskin selalu ditindas berandal yang dipengaruhi Belanda. Ia bersama anak buahnya berencana berperang melawan berandal yang ada di Dusun Nglaroh, Desa Pule, Kecamatan Selogiri. Cerita itu pula yang menjadikan sejarah berdirinya pemerintahan Kabupaten Wonogiri.

Pertunjukan juga diselingi dengan penampilan dari bintang tamu Jo Leno dan seniman muda Surakarta yang mampu mengocok perut para penonton. Mereka menghibur dengan guyonan ringan, tapi sarat makna.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya