SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

WONOGIRI – Ratusan peserta mengikuti napak tilas RM Said (Mangkunegara I) yang digelar pagi ini dalam rangka peringatan HUT ke-271 Kabupaten Wonogiri. Napak tilas beregu ini diikuti 172 regu di mana tiap regu terdiri atas lima personel.

Pelepasan para peserta dilakukan oleh Bupati Wonogiri bersama Muspida dan para pimpinan dinas dan instansi di Monumen Nglaroh, Desa Pule, Selogiri. Pemberangkatan dilakukan di tempat ini karena di situlah tempat pemerintahan pertama di Wonogiri berada.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Rute napak tilas ini menempuh jarak 11 kilometer dan berakhir di Alun-alun Giri Kridha Bahkti di pusat Kota Wonogiri. Trisna Sumantri, salah satu panitia kegiatan menjelaskan, penilaian dalam napak tilas ini mencakup ketepatan waktu, semangat dan kerapian regu. Para peserta napak tilas terdiri atas masyarakat umum dan wakil dinas/instansi. Bahkan ada juga 5 regu warga lanjut usia (Lansia) dengan usia di atas 55 tahun.

Dalam sambutan sebelum pemberangkatan, Bupati H Danar Rahmanto menyatakan kegiatan ini diharapkan bisa memberikan inspirasi bagi segenap rakyat Wonogiri dalam meneladani perjuangan RM Said. “Jika dulu RM Said berjuang untuk mengusir penjajah, maka perjuanghan saat ini adalah mengusir kebodohan dan kemiskinan dan meraih keunggulan ilmu dan teknologi,” tegas Bupati.

Kemeriahan lain dalam rangka HUT Wonogiri juga bisa dinikmati di alun-alun hari ini. Pagi ini juga digelar festival permainan tradisional yang menampilkan sejumlah permainan seperti benthik, gobag sodor dan egrang. Suasana tradisional juga terasa karena pagi ini bupati dan para pejabat mengenakan busana surjan lurik dengan udheng atau ikat kepala.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya