SOLOPOS.COM - Hutan pinus Amora, tempat wisata alam di Gumiwang Lor, Kecamatan Wuryantoro, Wonogiri. (Instagram @pinus_amora)

Solopos.com, WONOGIRI — Kabupaten Wonogiri diberkahi dengan keindahan alamnya, termasuk kawasan hutan yang jika dikelola dengan baik bisa menjadi jujugan wisata seperti Hutan Pinus Amora dan Hutan Pinus Suwondo di Wuryantoro, Wonogiri.

Destinasi wisata alam ini tepatnya berlokasi di Suwondo, Telekan, Gumiwang Lor, Kecamatan Wuryantoro, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah. Hutan pinus Amora buka dan dapat dikunjungi setiap hari mulai pukul 09.00 WIB hingga 17.00 WIB.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Terungkap dalam video yang diunggah di kanal Youtube Kabar Wonogiri, untuk mencapai lokasi diperlukan perjalanan sejauh 13 km dari pusat kota Wonogiri dengan waktu tempuh perjalanan sekitar 25 menit. Untuk lebih mudahnya pengunjung dapat melewati rute Wonogiri-Pracimantoro.

Sesampainya di Jembatan Gumiwang Lor, Wuryantoro, Wonogiri, kemudian belok kanan ke arah hutan pinus Amora. Harga tiket masuk hutan pinus Amora ini cukup terjangkau, hanya Rp5.000 per orang sudah termasuk parkir dan air mineral.

Hutan pinus Amora ini telah dikelola dengan baik, terbukti dengan disediakannya beberapa fasilitas seperti gazebo untuk tempat bersantai, toilet, musala, taman bermain untuk anak-anak, warung makan, dan area parkir.

Jalanan di dalam hutan pinus ini pun sudah halus dan rata meskipun masih berupa tanah. Saat berkunjung ke objek wisata ini pengunjung bisa merasakan udara yang sejuk dan ketenangan di sekitar. Cocok untuk yang pengin ngadem dan healing mencari kedamaian.

Pengunjung dapat bersantai bersama keluarga tanpa takut tersengat panas sinar matahari karena daun-daun dari pohon pinus akan melindungi para pengunjung.

Dari video yang diunggah di kanal Youtube Explore Wong Ndeso, kondisi jalan yang akan dilewati untuk menuju hutan pinus Amora di Wuryantoro, Wonogiri, cukup baik. Terlihat jalanan yang lebar dan beraspal.

Sedangkan saat hampir sampai ke lokasi, setelah melewati gapura dan mulai memasuki pedesaan baru lah kondisi jalan berbeda, tidak beraspal namun cukup bagus masih dapat dilewati mobil.

Setelah puas menikmati kesejukan di hutan pinus Amora, pengunjung dapat meneruskan berwisata ke hutan pinus Suwondo yang lokasinya berdekatan.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Solopos.com, masuk ke Hutan Pinus Bukit Suwondo tidak perlu membayar tiket masuk. Namun, para pengunjung diharapkan tetap menjaga keamanan dan kebersihan.

Selain menikmati keindahan dan ketenangan yang ditawarkan, biasanya ada juga pengunjung yang datang melakukan poto pre-wedding. Di samping berfoto dengan latar belakang pohon pinus, pengunjung juga bisa berkemah di lapangan di sekitar Hutan Pinus Bukit Suwondo.

Lapangan itu dulunya digunakan sebagai lapangan voli masyarakat sekitar. Hutan Pinus Bukit Suwondo dan Hutan Pinus Amora bisa menjadi rekomendasi tempat berlibur bagi pendamba ketenangan dan kesejukan alam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya