SOLOPOS.COM - IAIN Surakarta

Solopos.com, SOLO -- HMPS Akuntansi Syariah IAIN Surakarta menyelenggarakan program kerja SERU (Seminar dan Talkshow Kewirausahaan). Kegiatan bertema, Stars your experience to be a great entrepreneur, digelar melalui Zoom, Sabtu (31/10/2020).

Untuk diketahui, SERU merupakan kegiatan yang ditujukan untuk mahasiswa umum tak terkecuali untuk mahasiswa IAIN Surakarta. Hal ini guna memberikan pengetahuan dan mengajak generasi muda khususnya mahasiswa untuk terus berinovasi. Salah satunya dengan menjadi seorang entrepreneur muda.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Kegiatan ini menghadirkan dua pembicara. Yakni Damara Putri Wardhana selaku Freelance Model, Owner @mecaron.solo, Owner @bocipedes, CO Founder @cumaoriginal dan CO Founder @makaronisolo.id. Lalu Wirda Mansur selaku Direktur Utama Wirdame Grup, Influencer, Millenieal Entreprenuer dan Penulis 5 Buku Best Seller.

Ketat! Begini Protokol Kesehatan Pada Simulasi Pembelajaran Tatap Muka SMK Mikael Solo

Pengurus HMPS Akuntansi Syariah IAIN Surakarta periode 2020 dan Duta Akuntansi Syariah tahun 2020 Nurul Fauziyah bertindak selaku moderator. Kegiatan diikuti 212 peserta serta Pengurus HMPS Akuntansi Syariah.

Dalam kesempatan tersebut, Damara Putri menyampaikan tips sukses berbisnis. Yaitu harus berani memulai, berusaha dan melakukan apa yang Anda bisa. Dimulai dengan melihat minat masyarakat atau melihat barang yang laku dijual di pasaran.

Staf Menkeu Ungkap Typo UU Cipta Kerja, Segera Viral di Twitter...

Melawan Rasa Takut

Setelah itu, lanjutnya, mulai dengan ikhlas dan niat yang baik. Dalam menjalankan usaha harus tetap tawakal, jujur pada diri sendiri. Kemudian fokus dan survive karena tidak ada sesuatu yang instan. Lalu yakin bahwa rizki itu jaminan dari Allah.

“Jangan lupa atur keuangan, tidak perlu gengsi namun melihat kebutuhan yang lebih mendesak. Harus punya pikiran yang luas dan memiliki target yang jelas,” kata Damara Putri dalam kegiatan SERU IAIN Surakarta.

Sementara pembiara lain di SERU IAIN Surakarta, Wirda Mansyur menyampaikan langkah awal dalam memulai bisnis. Yakni harus memahami apa tujuan dari bisnisnya dan memahami konsekuensinya. Untuk menjalankan bisnis harus memperhatikan seperti aturan, melawan rasa takut untuk menemukan potensi, meyakini, dan selalu berdoa.

Ditopang Data Positif Ekonomi Domestik, Rupiah Ditutup Menguat Tajam

Kemudian, salah satu hal yang paling sulit ketika berbisnis, menurut Wirda Mansyur adalah melawan rasa takut. Rasa takut bisa dilawan dengan melatih mindset. Cara melatih mindset dilakukan dengan huznuzdon diiringi doa dan sabar.

“Dalam usaha mungkin akan ada rasa capek. Itu bukan masalah, karena sebagai manusia tetap ada rasa capek. Istirahat tapi tidak boleh berhenti. Siapa yang berusaha dia yang bisa, siapa yang belajar dia yang pintar, dan siapa yang kerja keras dia yang sukses,” ujar Wirda Mansyur di hadapan mahasiswa IAIN Surakarta.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya