SOLOPOS.COM - Misa Natal di Gereja St. Yohanes Rasul Wonogiri. Tampak sejumlah jemaat khidmat mengikuti prosesi ekaristi, Minggu (25/12/2022). (Solopos.com/Muhammad Diky Praditia)

Solopos.com, WONOGIRI — Rangkaian ibadah Natal di Gereja Santo (St) Yohanes Rasul Wonogiri, Sabtu-Minggu (24-25/12/2022), berjalan khidmat. Dengan tema Pulanglah Mereka ke Negerinya Melalui Jalan Lain, pemimpin agama mengajak umat untuk menjalin kebersamaan.

Pantauan Solopos.com di Gereja St. Yohanes Rasul Wonogiri, pada perayaan natal Ekaristi Adiyuswo, Minggu sore, berjalan lancar dan khusyuk. Romo F.X. Agus Suryana Gunadi, Projo (Pr), dalam khotbahnya sore itu, mengajak umat untuk bersyukur atas keberkahan yang diberikan Tuhan kepada umat.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Melalui madah kemuliaan Gloria In Excelcis Deo yang berarti kemuliaan kepada Allah di tempat yang tinggi, Romo Agus mengingatkan umat bahwa tidak ada kemuliaan sejati selain kemuliaan Tuhan.

Dia menjelaskan, ada jurang pemisah antara Tuhan yang maha tinggi dengan umat yang berada di alam dunia. Meski begitu, dengan welas asih dan rasa cinta Tuhan kepada umatnya, Tuhan tetap mendatangi umat memberi keberkahan dan pertolongan.

“Bukan karena kita suci, rajin ibadah, atau setia kepada Tuhan. Tuhan datang kepada kita karena kita banyak dosa, atau sok-sok ora setya, maka didatangi Gusti Allah. Tuhan mau mendekat datang kepada umat karena Gusti cinta kepada saya, kepada panjenengan,” kata Romo Agus.

Baca Juga: 704 Personel Polri Dimutasi Jelang Natal, Ini 15 Kapolres di Jateng Berpindah

Sebab kecintaan Tuhan itulah, umat harus menjalin kebersamaan untuk saling menjaga iman. Selain itu, umat diajak tepa salira menjaga kerukunan antarumat manusia di keluarga dan lingkungannya.

Romo Paroki St Yosafet Dhani Puspantoro Pr, menyampaikan perayaan Natal kali ini berbeda dengan perayaan dua tahun terakhir saat pandemi Covid-19. Dulu, umat sangat dibatasi untuk beribadah di gereja. Sekarang umat sudah diizinkan datang ke gereja.

Gereja membuka selebar-lebarnya untuk seluruh umat beribadah di gereja. Tidak hanya saat perayaan Natal dan Misa Minggu, tapi juga setiap hari.

“Gereja dan umat mengalami situasi yang tidak mudah selama dua tahun terakhir. Tetapi kini sudah mulai bangkit. Kami harap umat bisa datang kembali ke gereja, meramaikan gereja,” kata Romo Dhani.

Baca Juga: Kapasitas saat Natal Diizinkan 100%, Gereja di Wonogiri Tetap Terapkan Prokes

Tidak hanya di St. Yohanes Rasul Wonogiri, perayaan Natal juga berjalan di gereja-gereja lain di Wonogiri. Hal itu disampaikan Kasubsi Penmas Humas Polres Wonogiri, Aiptu Iwan Sumarsono. Menurutnya, ibadah Natal di gereja-gereja berjalan aman dan kondusif.

“Polres Wonogiri Wonogiri menerjunkan personel yang tersebar di gereja-gereja di Wonogiri. Harapan kami, semoga umat Kristiani bisa merayakan Natal dengan nyaman, bergembira memperingati wiyosan Dalem Gusti Yesus,” ujar Aiptu Iwan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya