SOLOPOS.COM - Ibu rumah tangga di Desa Jatisuko, Kecamatan Jatipuro, Karanganyar mengikuti pelatihan menjahit di balaidesa setempat. (Istimewa/Kades Jatisuko)

Solopos.com, KARANGANYAR — Berbagai upaya dilakukan Pemerintah Desa Jatisuko, Kecamatan Jatipuro, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah untuk meningkatkan taraf hidup warga di tengah pandemi Covid-19. Salah satunya dengan menggelar pelatihan menjahit bagi ibu-ibu rumah tangga setempat.

Pelatihan tersebut diikuti sebanyak 15 orang yang merupakan perwakilan dari masing-masing dusun.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Kades Jatisuko, Sugeng Riyanto, mengatakan pandemi Corona selama hampir dua tahun terakhir menghantam berbagai sektor di masyarakat. Tak terkecuali sektor ekonomi. Tak sedikit warga yang mengalami kesulitan ekonomi karena kehilangan pekerjaannya selama pandemi Covid-19.

Baca Juga: PPKM Level 3 Batal, PHRI Karanganyar Harap Kebijakan Tidak Berubah Lagi

“Banyak suami yang kena PHK [pemutusan hubungan kerja]. Dari ini kami ingin memberdayakan ibu-ibu rumah tangga agar bisa membantu perekonomian keluarga dengan memberi pelatihan menjahit,” kata dia ketika berbincang dengan Solopos.com, Kamis (9/12/2021).

Pelatihan menjahit digelar selama 10 hari di Aula Balai Desa Jatisuko. Peserta mendapatkan pelatihan menjahit dari Witpari yang merupakan komunitas pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) di Karanganyar. Targetnya ibu-Ibu mendapatkan keahlian lebih bagi yang sudah memiliki dasar keterampilan praktis di bidang menjahit. Sehingga memiliki bekal keterampilan sebagai penunjang penciptaan lapangan pekerjaan yang akan menjadi mata pencaharian untuk kesiapan berwirausaha.

“Kegiatan ini dalam rangka penguatan sumber daya manusia dengan pembekalan ketrampilan menjahit bagi ibu rumah tangga untuk peningkatan ekonomi keluarga di tengah pandemi Covid-19,” tuturnya.

Baca Juga: Keren, Desa Wisata Sumberbulu Karanganyar Raih Juara I ADWI 2021

Sugeng menambahkan, meski pandemi belum berakhir, warga harus tetap memiliki optimisme dalam meningkatkan perekonomian keluarga. Sehingga tidak terpuruk dan bisa kembali bangkit seperti sebelum pandemi. Dia pun mengingatkan warga untuk terus menerapkan protokol kesehatan seperti menggunakan masker, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, mengurangi mobilitas dan rajin mencuci tangan. Langkah ini dinilai efektif menekan persebaran virus corona termasuk varian-varian baru yang bermunculan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya