SOLOPOS.COM - Mahasiswa Sekolah Vokasi (SV) Universitas Sebelas Maret (UNS), Adenia Nadira Tuzenitha, saat mengunjungi Etihad Stadium, markas tim papan atas Liga Inggris, Manchester City, belum lama ini. (Istimewa)

Solopos.com, SOLO — Mahasiswa Sekolah Vokasi (SV) Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo, Adenia Nadira Tuzenitha, menjadi salah yang beruntung bisa mendapat pengalaman belajar di Inggris pada November 2022 lalu.

Salah satu tempat yang dikunjung Nadira, sapaan akrabnya, adalah Etihad Stadium, markas salah satu tim papan atas Liga Inggris, Manchester City.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Kesempatan didapat Nadira karena menjadi awardee pada program Indonesia International Student Mobility Awards (IISMA) edisi Vokasi yang diselenggarakan Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek).

Mengutip laman dikti.kemdikbud.go.id, IISMA bertujuan memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk mengembangkan kompetensi dan pengetahuan serta memberika pengalaman studi di perguruan tinggi luar negeri.

Program ini merupakan implementasi Program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka dari Kemendikbudristek. Dalam program ini mahasiswa dapat menempuh pembelajaran di perguruan tinggi luar negeri yang mitra Kemendikbudristek selama satu semester atau setara 20 SKS.

Baca Juga: Mantap, Mahasiswa SV UNS Belajar di Kandang Manchester City

Berdasarkan keterangan pers yang diterima Solopos.com, Rabu (21/12/2022), Nadira yang merupakan mahasiswi Program Studi (Prodi) D-3 Manajemen Pemasaran SV UNS Solo mengunjungi Etihad Stadium pada akhir November 2022 lalu.

Kunjungan itu untuk program Pride the Britain sebagai bagian dari IISMA edisi Vokasi. Nadira berkunjung ke markas Manchester City itu bersama 42 mahasiswa vokasi lain asal Indonesia.

Di Inggris, mereka diakomodasi oleh Coventry University untuk mempelajari secara detail tujuh perusahaan ternama di Inggris. “Kunjungan ke Etihad Stadium ini salah satu dari rangkaian industrial visit Pride of Britain Tour yang paling menarik meskipun saya bukan penggemar bola,” ujar mahasiswa SV UNS Solo tersebut.

Baca Juga: Wow! Poster Tim Arab Saudi di Piala Dunia Ternyata Buatan Mahasiswa ISI Solo

Belajar di Coventry University

“Saya tidak menyangka sebuah klub bola memiliki peran yang besar terhadap terjadinya revolusi industri pertama dan terbesar di dunia,” tambahnya.

Nadira juga mendapat kesempatan mengikuti pembelajaran kelas dunia di Coventry University. Ini adalah previlege yang didapat Nadira sebagai awardee IISMA skema B (Vocational Engineering and Business Management in ACTION).

Program tersebut bekerja sama dengan Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) yang memberikan beasiswa kepada total 400 mahasiswa vokasi untuk belajar dan magang di luar negeri melalui lebih dari 40 universitas mitra di 10 negara.

Baca Juga: UNS Raih Peringkat ke-7 UI GreenMetric World University Rankings 2022

“Saya belajar banyak hal baru di sini, seperti penerapan konsep sustainability dan circular economy di negara maju. Contohnya Inggris,” terang mahasiswa SV UNS Solo tersebut.

Selama berada di Coventry University, mahasiswa di universitas ini dipancing untuk melakukan diskusi dengan kelompok dan masalah atau isu yang sedang dibahas di dalam kelas menggunakan media interaktif.

Contoh dari penerapan metode pembelajaran tersebut adalah mahasiswa diberikan proyek untuk menganalisis penggunaan kemasan bioplastik di Inggris dan perkembangan motor listrik di Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya