SOLOPOS.COM - Sejumlah komunitas syiah, Front Persaudaraan Islam (FPI), hingga NU mengikuti Haul ke-112 Habib Ali bin Muhammad Al-Habsyi di Sekretariat Jemaat Ahmadiyah Indonesia (JAI) Solo, Sabtu (4/11/2023). (Solopos.com/Wahyu Prakoso)

Solopos.com, SOLO–Komunitas syiah, hingga anggota NU transit di Sekretariat Jemaat Ahmadiyah Indonesia (JAI) Solo, saat mengikuti Haul ke-112 Habib Ali bin Muhammad Al-Habsyi.

Pembina Kerohanian/Mubaligh JAI Solo Muhaimin Khoirul Amin, menjelaskan ada sekitar 200 orang yang transit sejak Sabtu (4/11/2023) sampai Minggu (5/11/2023).

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

“Salah satu yang hadir di masjid kami adalah Ketua FPI Pasuruan, pengurus GP Ansor Pasuruan, dan lain-lain,” kata dia kepada Solopos.com, Senin (6/11/2023).

Menurut dia, jemaah dari luar kota itu memakai sejumlah fasilitas milik JAI Solo, antara lain Masjid Baitul Karim, Tabligh Center, Perpustakaan BRAy Mahyastoeti Notonagara, dan halaman depan maupun belakang.

“Biasa kalau haulan suka ada aja yang mampir singgah untuk salat di masjid kami, mandi, buang air besar, dan lainnya,” ungkap dia.

Menurut dia, jemaah yang singgah di Sekretariat JAI Solo selalu berganti setiap tahun. Sekretariat JAI Solo terbuka bagi siapapun yang membutuhkan bantuan.

“Ya siapapun mereka kami persilakan jika mau salat dan keperluan mandi serta numpang istirahat,” jelas dia.

Pada tahun ini, acara haul berlangsung 1-5 November 2023, namun untuk puncak acaranya diadakan pada 4 November 2023 pukul 09.00 WIB. Seperti tahun-tahun sebelumnya, Haul Solo ini diadakan di kompleks Masjid Riyadh, Jl Kapten Mulyadi, Solo.

Acara tersebut digelar untuk memperingati wafatnya ulama karismatik dari Yaman, yakni Habib Ali bin Muhammad Al Habsyi. Semasa hidupnya, Habib Ali menjadi pusat perhatian dan kekaguman serta memperoleh tempat terhormat di hati setiap orang.

Habib Ali pada usia 68 tahun juga mengarang sebuah kitab maulid yang diberi nama Simtud Durar. Sebuah kitab maulid yang masyhur dan penuh berkah hingga kini dibaca di Hadramaut, Indonesia, dan Afrika. Beliau mengarang kitab ini pada Kamis, 26 Shafar 1327 dan menyempurnakannya pada 10 Rabiul Awal 1327 Hijriah.

Sejumlah politikus hadir pada haul tahun ini, antara lain Bakal calon presiden Anies Baswedan dan wakil presiden dari Koalisi Perubahan untuk Persatuan Muhaimin Iskandar. Tampak pula bakal calon wakil presiden dari Koalisi Indonesia Maju (KIM) Gibran Rakabuming Raka.

Hadir bersama Gibran, Kepala Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) Partai Golkar Nusron Wahid. Sekretaris Jenderal Partai Gerindra, Ahmad Muzani; Pemimpin Pondok Pesantren Ora Aji, Miftah Maulana Habiburrahman atau Gus Miftah. Gibran, Anies, dan Muhaimin sempat makan nasi kebuli bersama.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya