SOLOPOS.COM - Pemandangan hamparan sawah terasering yang menjadi salah satu daya tarik Desa Wisata Semagar, Girimarto, Wonogiri. (kemenparekraf.go.id)

Solopos.com, WONOGIRI — Dengan keindahan alamnya berupa hamparan lahan sawah berundak atau terasering bak lukisan pemandangan alam perdesaan, Semagar di Kecamatan Girimarto, Wonogiri, dikembangkan menjadi desa wisata.

Saat mengunjungi desa wisata ini, para pengunjung akan merasakan suasana khas pedesaan yang tenang, tenteram, dan nyaman. Desa ini menawarkan wisata edukasi, suasana yang mencerminkan kehidupan perdesaan dari mulai sosial ekonomi, sosial budaya, adat istiadat, perilaku keseharian penduduk, serta struktur tata ruang desa yang khas.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Sejumlah fasilitas pendukung wisata telah disediakan oleh pengelola antara lain area parkir, tempat kuliner, sarana outbond, selfie area, dan banyak spot foto menarik.

Desa Wisata Semagar, Wonogiri, menurut Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), termasuk desa wisata yang masih dalam tahap rintisan. Dilansir kemenparekraf.go.id, Desa Semagar berada di Lereng Lawu Selatan pada ketinggian 650-700 meter di atas permukaan air laut (mdpl) dengan luas 537 hektare.

Bentangan lahan pertanian dengan sistem terasering yang tertata rapi terlihat menawan bagi para pengunjung dan menambah eksotisme pemandangan alam. Lansekap terasering inilah yang dijadikan salah satu ciri khas daya tarik Desa Wisata Semagar sebagai tempat wisata agro yang baik.

Lahan persawahan yang memiliki teknologi kearifan lokal itu dikelola dengan baik dan rapi oleh masyarakatnya. Persawahan dengan padi organik itu telah menjadi objek wisata yang ramai karena keindahannya.

Dengan berlatar keindahan Gunung Lawu serta memperlihatkan daya magis yang dapat menghipnotis jiwa dan mata, terasering Desa Wisata Semagar, Wonogiri, layaknya pahatan bumi yang menawan hati.

Pengembangan Kopi Robusta

Masyarakat Semagar ini tahu betul bagaimana cara memanfaatkan keindahan alam terasering persawahan di desa mereka dengan merintis desa wisata ini.

Ketua paguyuban petani Desa Semagar, Tarmo, dalam video yang diunggah kanal Youtube Ade Aryzona, mengatakan desa wisata Semagar mengembangkan edukasi pertanian organik. Ia berharap Desa Semagar semakin dilirik banyak orang baik wisatawan domestik maupun mancanegara.

Sementara itu, selain pemandangan alamnya yang indah, Desa Wisata Semagar, Girimarto, Wonogiri, juga punya potensi lain berupa kopi. Diberitakan Solopos.com pada Januari 2023 lalu, pengembangan kopi khususnya jenis robusta digarap secara serius oleh Pemerintah Desa Semagar sejak 2017 lalu.

Bahkan, Desa Semagar melalui koperasi Gabungan Kelompok Tani Semagar, sudah punya merek dagang sendiri yakni Kopi Ndorog yang dijual di toko-toko hingga swalayan waralaba, tidak hanya di lokal Wonogiri tapi juga sejumlah daerah lain.

Bagi Anda yang berminat mengunjungi Desa Wisata Semagar, berbagai informasi mengenai desa ini bisa diakses di akun media sosial mereka yaitu Facebook Teras.desa.semagar dan X atau Twitter @desasemagar.

Dilihat dari Google Maps, Desa Semagar berjarak kurang lebih 26 km dari pusat kota Kabupaten Wonogiri. Rute bisa melalui Jl Wonogiri-Purwantoro dan berbelok ke kiri di Pasar Ngadirojo atau Pasar Sidoharjo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya