SOLOPOS.COM - Kaum boro atau perantau asal Wonogiri tiba di Terminal Tipe A Giri Adipura, Kabupaten Wonogiri, Rabu (27/4/2022) malam. (Solopos/Luthfi Shobri Marzuqi)

Solopos.com, WONOGIRI — Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Wonogiri menyiapkan lahan parkir bagi bus pemudik yang berencana singgah sementara di daerah setempat. Lahan parkir yang disiapkan berada di halaman Kantor Dishub Wonogiri.

Kepala Dishub Wonogiri, Waluyo, mengatakan fasilitas lahan parkir diberikan kepada seluruh elemen penyedia program mudik gratis. Bantuan tersebut juga telah dikomunikasikan dengan pengelola Terminal Tipe A Giri Adipura.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

“Bus dari Jakarta bisa meminjam lahan parkir di halaman Kantor Dishub Wonogiri. Lahan parkir cukup luas. Kantor juga off dan uji KIR tutup terkait libur Lebaran. Sampai saat ini belum ada yang parkir. Informasinya nanti malam,” kata Waluyo, kepada Solopos.com, Kamis (28/4/2022).

Koordinator Terminal Tipe A Giri Adipura, Agus Hasto Purwanto, mengatakan di antara instansi yang menyelenggarakan program mudik gratis, seperti Dishub DKI Jakarta, PT Jasa Raharja, dan Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

“Yang kami tahu angkutan mudik gratis dari Dishub DKI, Jasa Raharja, dan Kemenhub. Untuk swasta tidak terkonfirmasi,” ucapnya saat ditemui Solopos.com, Rabu (27/4/2022) malam.

Baca Juga: Ini Daya Tampung Lahan Parkir WGM Wonogiri per Harinya

Sebelum kedatangan 20 bus program mudik gratis dari Jasa Raharja, Rabu (27/4/2022) malam, terdapat satu bus telah tiba di eks Terminal Krisak. Bus berangkat dari Cikarang, Bekasi. Rombongan penumpang satu bus itu merupakan karyawan di suatu perusahaan otomotif.

Informasi yang dihimpun Solopos.com, pengusaha bakso asal Surabaya mengadakan program mudik gratis untuk karyawannya, beberapa waktu lalu. Sebanyak lima bus rombongan mudik gratis telah tiba di Terminal Induk Wonogiri, Selasa (26/3/2022).

Berdasar data di Terminal Induk Wonogiri, jumlah bus antarkota antarprovinsi (AKAP) menembus angka 224 bus hingga, Rabu (27/4/2022) malam. Jumlah kedatangan bus itu sekaligus menjadi yang terbanyak sepanjang April 2022.

Baca Juga: Alhamdulillah, Ribuan Orang Kaum Boro Sudah Tiba di Terminal Wonogiri

Jumlah penumpang yang datang di Terminal Wonogiri mencapai 4.892 orang. Mayoritas, penumpang bus mudik gratis dari Jasa Raharja dan Dishub DKI Jakarta.

Memasuki Kamis (28/4/2022) malam, sebanyak 45 bus program mudik gratis Kemenhub dijadwalkan bakal berdatangan ke eks Terminal Krisak.

“Jadwal berangkatnya Kamis-Jumat [28-29/4/2022],” kata Agus.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya