SOLOPOS.COM - Para pekerja proyek membenahi saluran air milik PDAM yang sempat bocor saat pemasangan box culvert di Simpang Joglo, Solo, Selasa (14/6/2022) malam. (Solopos/Gigih Windar Pratama)

Solopos.com, SOLO–Humas Perumda Toya Wening Kota Solo, Bayu Tunggul Pamilih, menjelaskan sejumlah kelurahan serta sejumlah kawasan di Kota Solo akan mengalami gangguan air selama lima hari mulai Sabtu (15/4/2023).

Sejumlah wilayah tersebut meliputi Kelurahan Pajang, area Solo Square sampai Kleco, Kelurahan Karangasem, Kelurahan Jajar, Kelurahan Manahan, Kelurahan Sumber, Kelurahan Gilingan, Kelurahan Banyuanyar, Ngemplak, dan sebagian Perumahan Fajar Indah dan Jalan Ahmad Yani.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Bayu juga menjelaskan gangguan air tersebut juga dimungkinkan terjadi di wilayah Kabupaten Karanganyar, yakni di Klodran dan Baturan Kecamatan Colomadu.

Gangguan air tersebut disebabkan karena adanya proyek pemotongan dan penyambungan pipa transmisi sepanjang 600 meter di kawasan Viaduk Gilingan, depan Masjid Sheikh Zayed.

“Kita ketahui bahwasanya saat ini dilakukan proyek pelebaran jalan viaduk. Oleh karena itu, nanti pada saat pemotongan dan penyambungan pada 15 April akan terjadi gangguan aliran,” papar dia saat dihubungi Solopos.com, Selasa (11/4/2023).

Gangguan aliran air ini terjadi baik secara kualitas, kuantitas, dan kontiyunitas. Perumda Toya Wening Kota Solo mengimbau kepada masyarakat yang wilayahnya terdampak agar segera melakukan kegiatan antisipasi. Misalnya dengan menyiapkan dan menampung air bersih untuk cadangan kebutuhan air sebelum proyek dilaksanakan.

“Silakan menampung air sebanyak-banyaknya, sehingga pada waktu pemotongan tidak ada efek yang berarti kepada pelanggan dan masyarakat,” imbaunya.

Bayu menambahkan Perumda Toya Wening Kota Solo akan berkoordinasi lebih lanjut lagi terkait detail pengaruh dan dampak proyek nanti terhadap masyarakat. Meski demikian, Bayu menekankan pihak Perumda Toya Wening Kota Solo sudah melakukan langkah-langkah mitigasi.

“Yang jelas kami sudah mitigasi pada beberapa objek vital seperti Rumah Sakit Kasih Ibu, Rumah Sakit Hermina, Rumah Sakit Triharsi, itu yang justru kami utamakan apakah terdampak atau tidak,” papar dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya