SOLOPOS.COM - Truk melintas di jalan rusak di overpass Jl. Monginsidi, Tegalharjo, Jebres, Senin (5/6/2017). (Muhammad Ismail/JIBI/Solopos)

Infrastruktur Solo, jembatan layang di atas jalur rel kereta api Jl. Monginsidi rusak.

Solopos.com, SOLO — Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Solo menemukan kerusakan jalan di overpass (jembatan layang) di atas jalur rel kereta api, Jl. Monginsidi, Tegalharjo, Jebres, Senin (5/6/2017).

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Kerusakan jalan tersebut dapat mengancam jalur kereta api di bawah overpass. Kepala Seksi (Kasi) Jalan dan Jembatan Dinas PUPR Solo, Joko Supriyanto, mengatakan menerima laporan dari petugas linmas Tegalharjo bahwa jalan overpass Monginsidi retak dan menimbulkan lubang dengan kedalaman sekitar 30 sentimeter.

Lebar kerusakan jalan di overpass Monginsidi mencapai 1 meter x 1 meter. “Kami langsung menuju ke lokasi untuk meninjau kerusakan jalan di overpass Monginsidi. Kerusakan jalan tersebut dapat membahayakan kereta api yang melintas di bawah overpass,” ujar Joko saat ditemui Solopos.com di overpass Monginsidi, Senin.

Menurut Joko, berdasarkan hasil pengecekan, kerusakan jalan di overpass Jl. Monginsidi terjadi karena jalan tidak mampu menahan kendaraan berat yang setiap hari melintas. Kondisi tersebut mengakibatkan aspal jalan retak. Kemudian retakan jalan tersebut terkena genangan air hingga ambles.

“Kami khawatir kalau kerusakan jalan di overpass Monginsidi dibiarkan seperti ini akan bertambah parah. Apalagi di bawah overpass terdapat rel kereta api yang setiap hari dilewati kereta api jurusan Surabaya-Jakarta” kata dia.

Ia mengatakan Jl. Monginsidi merupakan jalur utama arus mudik dan balik Lebaran dari arah Surabaya-Jakarta. Jl. Monginsidi merupakan jalan Kota Solo sehingga Pemkot yang harus memberbaiki kerusakan itu.

“Kami sudah menghubungi rekanan yang bertugas memberbaiki jalan rusak di Solo. Pemkot menargetkan perbaikan jalan di overpass Monginsidi selesai H-7 lebaran,” kata dia.

Ia mengimbau warga yang melintas di overpass Monginsidi berhati-hati karena kondisi jalan terdapat banyak retakan. DPU dan PR meminta bantuan bantuan Dinas Perhubungan (Dishub) Solo untuk memasang barikade di lokasi jalan rusak overpass Monginsidi.

Kasi Angkutan Orang Dishub Solo, Dwi Sugiyarso, mengatakan Dishub memasang satu barikade di pinggir jalan overpass Monginsidi. Kendaraan dari arah timur ke barat diminta berhati-hati agar tidak menabrak barikade.

“Kami sudah menginformasikan kepada pengguna jalan agar mengurangi kecepatan saat melintas di overpass Monginsidi. Petugas Dishub akan mengatur lalu lintas di overpass saat jalan raya padat,” kata dia.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya