SOLOPOS.COM - Petugas memasang rambu-rambu pengalihan arus lalu lintas Underpass Makamhaji di kawasan Tanjunganom, Sukoharjo, Rabu (16/2/2022). (Istimewa-Dishub Sukoharjo)

Solopos.com, SUKOHARJO — Akses jalan menuju underpass Makamhaji di Kecamatan Kartasura, Sukoharjo, akan ditutup mulai Senin (21/2/2022) pukul 07.00 WIB. Penutupan akses itu untuk mendukung perbaikan jalan underpass yang diperkirakan berlangsung hingga 7 Maret 2022.

Para pengguna jalan bisa mengambil jalur alternatif selama pengerjaan proyek perbaikan underpass tersebut. Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Sukoharjo, FX Toni Sri Buntoro, mengatakan petugas telah memasang rambu-rambu pengalihan arus lalu lintas pada pekan lalu.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Mereka juga telah menyosialisasikan penutupan akses jalan selama sepekan sebelumnya. “Jadi penutupan akses jalan bukan malam hari melainkan pagi hari. Rencananya, penutupan jalan dilakukan mulai pukul 07.00 WIB,” katanya saat dihubungi Solopos.com, Minggu (20/2/2022).

Baca Juga: Penutup Saluran Air Underpass Makamhaji akan Dicor Beton 20 Cm

Toni menyebut pengguna jalan sudah memahami jalur alternatif ketika underpass Makamhaji, Kartasura, ditutup, seperti jalan perkampungan di sekitarnya. Mereka diberi keleluasan untuk mencari jalur alternatif saat akses menuju underpass ditutup total.

Ia mencontohkan warga yang berdomisili di sekitar underpass bisa melewati jalan perkampungan di sepanjang Jl Slamet Riyadi. “Warga Makamhaji atau pelaku usaha bisa lewat jalan kampung. Justru mereka yang tahu gang-gang sempit yang bisa dilewati sepeda motor,” ujarnya.

Baca Juga: Rambu Pengalihan Arus Underpass Makamhaji Dipasang di 18 Lokasi Ini

Penumpukan Kendaraan

Dishub Sukoharjo telah berkoordinasi dengan Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Sukoharjo ihwal pengalihan arus lalu lintas selama pengerjaan proyek perbaikan underpass. Petugas akan disiagakan di sejumlah lokasi rawan kemacetan lalu lintas saat underpass Makamhaji, Kartasura, ditutup.

Petugas bakal langsung mengurai kemacetan jika terjadi penumpukan kendaraan bermotor. “Waktu dua pekan tak terlalu lama. Saya berharap tak ada lagi problem yang muncul setelah pengerjaan proyek perbaikan rampung,” tuturnya.

Baca Juga: Underpass Makamhaji akan Ditutup 2 Pekan, Ini Respons Pemilik Usaha

Seorang warga Desa Gumpang, Kecamatan Kartasura, Amirul, mengaku hampir setiap hari melewati underpass Makamhaji pada pagi hari dan malam hari. Ia lewat underpass saat berangkat dan pulang bekerja.

Selama pengerjaan proyek perbaikan underpass, ia memilih melewati Tempat Pemakaman Umum (TPU) Pracimoloyo, Makamhaji, menuju Jl Ahmad Yani, Solo. “Kantor saya di sekitar Baron, Laweyan, Kota Solo. Jadi hampir tiap hari melewati underpass. Saya berharap underpass tak lagi rusak karena akses penghubung dari Kartasura menuju Solo dan sebaliknya,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya