SOLOPOS.COM - Ribuan umat Islam mengikuti buka bersama hari kedua Ramadan di Masjid Raya Sheikh Zayed Solo, Rabu (13/3/2024). (Solopos/Joseph Howi Widodo).

Solopos.com, SOLO – Salat Idulfitri (Id) di Masjid Raya Sheikh Zayed (MRSZ) Solo akan berlangsung pukul 06.30 WIB. Sementara untuk tanggal pelaksanaan, MRSZ masih menunggu keputusan Pemerintah RI.

Salat akan dipimpin imam KH Agus Ma’arif, khatib KH Abdul Karim (Gus Karim) dan bilal KH Maksum Ahmad. Pengurus Masjid Sheikh Zayed Solo menyampaikan ada beberapa imbauan kepada para jemaah Salat Idulfitri 1445 H.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Hal itu disampaikan oleh Direktur Operasional Masjid Raya Sheikh Zayed Solo, Ahmad Munajat, melalui telepon WhatsApp kepada Solopos.com, Selasa (9/4/2024).

Disarankan jemaah Salat Ied MRSZ tiba di MRSZ pukul 05.30 WIB dan sudah dalam kondisi suci (berwudhu dari rumah), terutama jemaah putri.

Dalam penyelenggaraan Salat Ied 1445 H, Munajat tidak bisa memprediksi berapa jemaah yang datang. Bila jemaah meluber hingga area tenda yang selama ini digunakan untuk agenda buka bersama, maka total jemaah hadir bisa mencapai 25.000 orang. Sebab, jemaah tidak hanya datang dari warga Solo tapi juga para pemudik.

Untuk menjaga kenyamanan dan kekhusyukan jemaah, maka diimbau jemaah bisa membawa sajadah masing-masing.

“Utamanya yang datang agak siang ya [mepet 06.30 WIB],” kata Munajat.

Selain datang tepat waktu, Munajat juga mengimbau jemaah bisa menjalankan sunah-sunah Salat Id. Seperti makan lebih dulu sebelum ke masjid, mengenakan pakaian bersih dan terbaik, serta memperbanyak melafalkan takbir sepanjang perjalanan menuju masjid.

Meski Viaduk Gilingan sudah dibuka kembali, Munajat memprediksi suasana luar MRSZ tetap ramai (crowded) sebab pintu masuk MRSZ hanya satu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya