SOLOPOS.COM - Kampung Gerdu di wilayah Sragen Tengah, Kecamatan Sragen Kota, dicanangkan sebagai Kampung Pancasila oleh perwakilan pimpinan daerah, Jumat (1/4/2022). (Istimewa/Kodim Sragen)

Solopos.com, SRAGEN — Kodim 0725/Sragen bersama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sragen mencanangkan lahirnya Kampung Pancasila di tiap kecamatan yang berjumlah 20. Setiap kecamatan memilih satu desa untuk menjadi Kampung Pancasila. Di wilayah kota Sragen, Kampung Gerdu di Sragen Tengah dipilih menjadi tempat pencanganan Kampung Pancasila.

Komandan Kodim (Dandim) 0725/Sragen, Letkol (Inf) Anggoro Heri Pratikno, mengatakan kegiatan di Kampung Gerdu itu akan diikuti satu desa di setiap kecamatan untuk menjadi Kampung Pancasila.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

“Konsepnya, setiap desa itu bisa menciptakan suasana keberagaman yang dibingkai dalam kerukunan. Keberagaman itu bisa berbeda agama, suku, dan latar belakang. Tujuannya dengan adanya Kampung Pancasila itu bisa meningkatkan kerukunan antarwarga masyarakat dengan kembali mengamalkan nilai-nilai Pancasila,” ujar Dandim.

Baca Juga: Tidak Boleh Ada Kemiskinan Ekstrem di Kampung Pancasila

Dia menjelaskan keberadaan Kampung Pancasila itu sebenarnya untuk menciptakan kerukunan dan ketentraman atas keragaman yang ada. Kampung Pancasila itu juga sebagai tempat pembelajaran nilai-nilai Pancasila bagi masyarakat luas, seperti saling menghargai, bergotong-royong, kesatuan, keadilan, dan seterusnya.

Dia mengatakan warga bisa menghargai para pemimpin yang sudah merumuskan Pancasila yang menjadi dasar negara. “Nilai-nilai Pancasila itu diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari. Masyarakatnya menjadi aman, rukun, dan damai, serta meningkatkan kesejahteraan dan kemakmuran warganya,” ujarnya.

Bupati Sragen, Kusdinar Untung Yuni Sukowati, berharap dengan adanya Kampung Pancasila warga bisa menerapkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat. Dia mencontohkan nilai-nilai keberagaman, kerukunan, dan bertanggung jawab terhadap bangsa dan negara.

“Dengan adanya Kampung Pancasila diharapkan Sragen lebih baik,” ujarnya.

Baca Juga: Ini Spesialnya Desa Ngringo, Kampung Pancasila Pertama di Karanganyar

Daftar Kampung Pancasila di Kabupaten Sragen

  1. Sragen Tengah Kec. Sragen Kab. Sragen (Terpusat).
  2. Kroyo Kec. Karangmalang Kab. Sragen.
  3. Dawungan Kec. Masaran Kab. Sragen.
  4. Duyungan Kec. Sidoharjo Kab. Sragen.
  5. Bendungan Kec. Kedawung Kab. Sragen.
  6. Kaliwedi Kec. Gondang Kab. Sragen.
  7. Karangudi Kec. Ngrampal Kab. Sragen.
  8. Musuk Kec. Sambirejo Kab. Sragen.
  9. Bedoro Kec. Sambungmacan Kab. Sragen.
  10. Ngrombo Kec. Tangen Kab. Sragen.
  11. Japoh Kec. Jenar Kab. Sragen.
  12. Slendro Kec. Gesi Kab. Sragen.
  13. Bendo Kec. Sukodono Kab. Sragen.
  14. Kedawung Kec. Mondokan Kab. Sragen.
  15. Kragilan Kec. Gemolong Kab. Sragen.
  16. Girimargo Kec. Miri Kab. Sragen.
  17. Mojopuro Kec. Sumberlawang Kab. Sragen.
  18. Banaran Kec. Kalijambe Kab. Sragen.
  19. Kalikobok Kec. Tanon Kab. Sragen.
  20. Karungan. Kec. Plupuh Kab. Sragen.

Sumber: Kodim 0725/Sragen

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya