SOLOPOS.COM - Lima anggota Bawaslu Solo yang dilantik di Jakarta, Sabtu (19/8/2023). (Istimewa)

Solopos.com, SOLO–Setelah mengalami kekosongan beberapa hari terakhir, jabatan anggota Bawaslu Solo akhirnya terisi.

Lima anggota Bawaslu Solo periode 2023-2028 dilantik oleh Bawaslu di Jakarta pada Sabtu (19/8/2023). Mereka yaitu Budi Wahyono, Agus Sulistyo, Poppy Kusuma Nataliza Wijaya, Setyo Puji Santoso, serta Fifta Angga Hidayat.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Dua nama terakhir adalah wajah baru di Bawaslu Solo. Sedangkan tiga nama pertama adalah wajah lama. Budi Wahyono adalah Ketua Bawaslu Solo periode 2018-2023. Di sisi lain proses seleksi anggota Bawaslu Solo 2023-2028 sempat diwarnai dengan tanda tanya.

Hal itu terkait lolosnya nama Poppy Kusuma Nataliza Wijaya di daftar lima anggota Bawaslu Solo yang dilantik di Jakarta.

Sebab nama Poppy tidak ada di pengumuman 10 besar peserta yang lolos. Namun saat pengumuman lima peserta yang lolos, muncul nama Poppy.

Sedangkan nama Arif Nuryanto yang sebelumnya ada di daftar 10 besar calon anggota Bawaslu, hilang di daftar lima orang yang dinyatakan lolos. Seperti halnya Poppy, Arif Nuryanto, adalah petahana atau anggota Bawaslu Solo 2018-2023. Dia berlatar belakang wartawan.

Poppy Kusuma saat dimintai tanggapan mengakui namanya sempat tidak masuk 10 orang yang lolos. Namun, selang beberapa waktu namanya masuk karena ada seorang peserta yang mengundurkan diri. Karena masuk di daftar 10 besar, Poppy ikut uji kelayakan kepatutan.

“Itu kan pada saat pengumuman 10 besar tidak ada nama saya. Tapi kalau tidak salah sehari atau dua hari, ada revisi pengumuman di web-nya Bawaslu Provinsi Jateng. Intinya ada yang mengundurkan diri, salah satu dari 10 itu, lalu Bawaslu provinsi mengundang saya tes,” ujar Poppy.

Dia menjelaskan berdasarkan ketentuan, ketika ada peserta yang mengundurkan diri, peserta lain bisa mengisi posisi yang ditinggalkan. Setelah dilantik, jajaran komisioner Bawaslu Solo, termasuk Poppy, segera melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya