SOLOPOS.COM - Salah satu ealase dagang produk UKM Kabupaten Karanganyar di toko pusat oleh-oleh Ubigo Kecamatan Karanganyar. (Istimewa/Dok. Disdagnakerkop dan UKM Karanganyar)

Solopos.com, KARANGANYAR — Bberwisata ke Karanganyar tak afdal rasanya jika pulang tidak membawa sesuatu. Selain terkenal dengan beragam tempat wisatanya, Karanganyar juga memiliki aneka camilan atau makanannya tak kalah terkenal dan cocok sebagai buah tangan untuk sanak kerabat ataupun orang tersayang.

Untuk mendapatkan oleh-oleh khas Karanganyar sangat mudah sekali. Karena di sepanjang Jl. Lawu, Karanganyar, terdapat banyak toko oleh-oleh khas Bumi Intanpari.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Berikut ini rangkuman beberapa penaganan khas Karanganyar yang cocok untuk oleh-oleh yang dihimpun Solopos.com dari berbagai sumber, Sabtu (12/2/2022).

Baca Juga: Baru! Ada Wisata Kebun Buah Meksiko di Tawangmangu

1. Bolen Ubigo

makanan khas karanganyar
Bollen Ubigo Karanganyar. (Instagram/@ubigoBollen)

Bolen Ubigo merupakan produk UMKM Karanganyar yang terkenal. Umumnya bolen berisi pisang, camilan ini berisi ubi ungu yang dibalut dengan kulit pastry. Ubigo ini memiliki rasa manis dan gurih, teksturnya krispi dan lembut membuat orang-orang menjadi ingin balik lagi untuk mencobanya.

Satu boks Ubigo dibandrol dengan harga Rp38.000. Jika Anda tertarik mencobanya, bisa datang langsung ke outlet Ubigo di Jl. Lawu No.86, Popongan, Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Karanganyar. Toko buka dari pukul 09.00-18.00. WIB atau bisa langsung pesan toko online mereka melalui akun Instagrm @ubigokaranganyar.

Baca Juga: Watu Gambir Park, Destinasi Wisata Alternatif Asyik di Karangpandan

2. Jadah Tempe

oleh-oleh khas karanganyar jadah tempe legend
Jadah Tempe Legend Karangpandan. (jejakpiknik.com)

Jadah tempe merupakan oleh-oleh tradisional Jawa dan menjadi oleh-oleh favorit untuk dibawa. Makanan ini terbuat dari ketan dengan parutan kelapa yang dikukus lalu ditumbuk hingga halus dan ditambahkan tempe bacem. Rasa dari jadah tempe ini gurih dan manis yang cocok di lidah. Salah satu brand yang menjual makanan khas ini adalah Jadah Tempe Legend.

Jadah Tempe Legend dibanderol dengan harga mulai dari Rp15.000-RP30.000 per beseknya. Untuk mendapatkannya, wistawan bisa datang ke sejumlah outletnya. Outlet utamanya terletak di Keprabon, Karangpandan, Kec. Karangpandan, Kabupaten Karanganyar.

3. Timus Ubi Ungu

oleh-oleh khas karanganyar timus ubi ungu
Timus Ubi Ungu. (cookpad.com)

Timus merupakan salah satu oleh-oleh Karanganyar yang diminati wisatawan. Sebagai daerah penghasil umbi-umbian, Karanganyar banyak memiliki makanan berbahan dasar umbi, salah satunya timus ubi ungu. Sesuai namanya, timus ini dibuat dari ubi ungu yang ditumbuk, ditambahkan gula, dan tepung tapioka.

Ciri khas timus ini yaitu bentuknya oval. Rasanya yang manis dan lembut membuat cemilan ini sangat cocok ditemani oleh secangkir kopi. Tidak sulit untu menemukan timus ubi ungu ini, karena banyak yang menjual oleh-oleh ini.

Baca Juga: Healing Dulu! Ini 5 Objek Wisata di Karanganyar yang Wajib Dikunjungi

4. Balung Kethek

oleh-oleh khas karanganyar balung kethek
Balung Kethek.(tempawisataseru.com)

Balung kethek dalam bahasa Indonesia artinya tulang monyet. Namun makanan ini tidak benar-benar terbuat dari tulang monyet tentunya. Camilan ini dibuat dari singkong yang diiris tipis-tipis yang digoreng. Teksturnya agak keras digigit, namun rasa gurihnya yang bikin ketagihan. Ada juga yag diberi bumbu rasa manis pedas. Balung kethek merupakan makanan ringan yang murah meriah.

5. Cokelat Chocotin

Chocotin Cokelat Tawangmangu. (Istimewa)
Chocotin Cokelat Tawangmangu. (Istimewa)

Oleh-oleh lain yang tak kalah menarik adalah cokelat Chocotin. Oleh-oleh ini terbilang baru dan beda. Cokelat ini mempunyai beberapa varian rasa yang menarik seperti, kismis, ubi ungu, kopi lawu, dan pure dark. Pengunjung bisa mendapatkan coklat ini di toko-toko oleh yang ada di Karanganyar dan toko online. Coklat batang ini dibandrol dari mulai harga Rp15.000- Rp28.000.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya