SOLOPOS.COM - Ribuan umat Islam mengikuti buka bersama hari kedua Ramadan di Masjid Raya Sheikh Zayed Solo, Rabu (13/3/2024). (Solopos/Joseph Howi Widodo).

Solopos.com, SOLO—Selama Ramadan 1445 H/2024 M berlangsung, banyak tempat di Kota Solo yang menyediakan takjil gratis sebagai pilihan menu buka puasa.

Berdasarkan catatan Solopos.com, berikut ini rangkuman lima tempat berburu takjil gratis di Kota Solo yang tersedia setiap hari.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Masjid Sheikh Zayed Solo

Tempat pertama adalah ikon kebanggaan Kota Solo yakni Masjid Sheikh Zayed. Seperti tahun lalu pengurus menyediakan ribuan takjil gratis untuk jamaah yang ingin berbuka di masjid hasil hibah dari United Arab Emirates (UAE).

Pengurus Masjid Sheikh Zayed menyediakan menu berbuka sekitar 7.000 paket sampai 10.000 paket takjil dan nasi box setiap hari. Sementara untuk harga per porsinya, ia menjelaskan menu makan box sekitar Rp25.000 per pak dan takjil sekitar Rp7.000 per pak.

Jamaah bisa datang pukul 17.00 WIB atau sebelumnya agar tidak kehabisan. Sebab antusiasme warga sekitar bahkan dari luar kota sangat tinggi.

Masjid Agung Solo

Tempat kedua adalah masjid paling bersejarah di Kota Solo yakni Masjid Agung Solo. Seperti tahun sebelumnya. Pengurus Masjid Agung Solo konsisten menyediakan takjil dan menu buka puasa sebanyak 400 porsi setiap hari. Menu biasanya berganti-ganti.

Porsi tersebut bisa bertambah sebab terkadang ada donatur yang memberikan tambahan. Para pemburu takjil bisa datang ke Masjid Agung Solo lebih awal pada 16.30 WIB. Sebab sebelum buka puasa bisa mengikuti kultum mulai pukul 16.30 WIB dengan materi tafsir Al-Qur’an, tasawuf, akhlak, fikih puasa, dan akidah. 

Masjid Darussalam Jayengan Solo

Rekomendasi selanjutnya adalah Masjid Darussalam Solo yang setiap tahun, salama Ramadan, rutin membagikan bubur banjar samin secara gratis.  Kali ini pengurus menyediakan 1.200 porsi bubur banjar samin setiap hari.

Ketua Takmir Masjid Darussalam M. Rosyidi Muchdor menjelaskan bubur banjar samin yang dibagikan secara gratis kepada warga 1.000 porsi setiap sore. Sebanyak 200 porsi lainnya digunakan buka bersamaa jemaah Masjid Darussalam Solo. 

Jamaah bisa datang 17.00 WIB atau lebih awal agar tidak kehabisan. Masjid Darussalam Solo berada di Jl. Gatot Subroto No.161, Jayengan, Kec. Serengan, Kota Solo.

 Masjid Jami’ Assegaf Solo

Tempat selanjutnya yang menyediakan takjil gratis setiap hari adalah Masjid Jami’ Assegaf. Pengurus menyediakan takjil dan nasi kotak sebanyak kurang lebih 700 porsi setiap hari.  

Pelaksana Harian Bidang Dakwah dan Pendidikan Yayasan MJA, Ridho Wicaksono, mengatakan menu takjil berupa air, kurma, dan kopi rempah yang dibagikan sebelum Magrib. Setelah salat Magrib baru disediakan nasi kotak untuk jemaah.

Jamah bisa datang lebih awal untuk mengikuti Rauhah sore pukul 16.15 WIB dilanjutkan dengan kultum menjelang buka puasa pukul 17.30 WIB. 

Alamat Masjid Jami’ Assegaf berada di Jl. Kapten Mulyadi No.190, Ps. Kliwon, Kec. Ps. Kliwon, Kota Solo.

LAZ Al Abidin Solo

Selain masjid, ada pula organisasi filantropi yang rutin membagikan takjil dan makanan gratis selama Ramadan. Salah satunya adalah Lembaga Amil Zakat (LAZ) Al Abidin Solo yang menyediakan ratusan 300 sampai 400 nasi box.

PJ Program Nasbung dan Rescue LAZ Al-Abidin, Tri Suryani kepada Solopos.com, Kamis (14/3/2024) mengkonfirmasi Ramadan tahun ini pihaknya juga mengadakan pembagian nasi gratis. Dia mengatakan pembagian dimulai pukul 17.00 WIB.

Pembagian tersebut dilakukan di Posko Nasbung Laz Al Abidin Solo yang berada di seberang Masjid Mujahidin, Jl. Adi Sumarmo No.152, Banyuanyar, Kecamatan Banjarsari, Kota Solo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya