SOLOPOS.COM - Wajah baru Pantai Klotok tampak dari atas di Desa/Kecamatan Paranggupito, Kabupaten Wonogiri, Kamis (16/11/2023). (Istimewa/Agus Kurniawan)

Solopos.com, WONOGIRI — Di Wonogiri terdapat banyak tempat wisata yang berpotensi diserbu para pemudik ketika momentum libur Lebaran termasuk pada 2024 ini. Objek wisata itu mulai dari waduk, umbul, gua, sampai pantai.

Kepala Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Wonogiri, Haryanto, memperkirakan total bakal ada 50.000-60.000 wisatawan yang mengunjungi objek wisata di Wonogiri saat libur Lebaran nanti. Puncak kunjungan itu diperkirakan terjadi antara puncak mudik pada 5-8 April 2024 dan arus balik pada 13-16 April 2024.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

“Biasanya ada beberapa tempat wisata yang berpotensi ramai seperti Waduk Gajah Mungkur (WGM), Pantai Sembukan, Pantai Klotok, Pantai Nampu, Gua Resi, Soko Langit, dan Umbul Nogo,” kata dia kepada Solopos.com, Selasa (26/3/2024).

Berdasarkan catatan Solopos.com, berikut rangkuman tujuh tempat wisata yang berpotensi ramai dikunjungi ketika momen libur lebaran 2024:

  1. Waduk Gajah Mungkur (WGM)

Objek wisata WGM Wonogiri hampir pasti menjadi salah satu tujuan utama pemudik menghabiskan waktu bersama keluarga saat libur Lebaran. Wisata berupa danau buatan itu menawarkan keindahan alam serta fasilitas baru pascarevitalisasi tahap I selesai.

Disporapar Wonogiri juga berencana mengundang kelompok seni tradisional untuk menghibur pengunjung. Selain itu pengunjung juga bisa menaiki perahu keliling perairan.

Objek wisata WGM juga mudah dijangkau. Jaraknya dari pusat kota Wonogiri hanya sekitar 13 km dengan jarak tempuh kurang lebih 23 menit.

wisata wonogiri lebaran
Jembatan kaca atau scenic bridge di objek wisata Waduk Gajah Mungkur (WGM) Wonogiri sudah hampir jadi tapi belum dibuka untuk umum. Foto diambil Senin (4/3/2024). (Solopos/Dhima Wahyu Sejati)
  1. Pantai Sembukan

Menurut Haryanto, objek wisata pantai tidak akan luput dari serbuan para pemudik. Terlebih Pantai Sembukan yang baru selesai direvitalisasi. Pada libur Nataru 2023-2024 lalu saja, dari catatan Solopos.com, pengunjung kedua pantai itu sampai membeludak dan jalan terpaksa ditutup karena terlalu padat dan macet.

Pantai itu mempunyai kawasan pasir putih yang membuat pemandangan pantai menjadi cantik. Tidak hanya itu, terdapat bebatuan karang yang bikin pantai itu menjadi lebih indah dengan deburan ombak yang menghantam. Pantai itu cocok digunakan untuk mengabadikan momen bersama keluarga. 

Namun ada yang perlu menjadi perhatian, ombak Pantai Sembukan tidak memungkinkan untuk berenang. Seperti pantai selatan lainnya, ombak Pantai Sembukan cukup besar.

Jarak pantai Sembukan dari pusat Kota Wonogiri cukup jauh, yakni sekitar 59 km. Setidaknya dari pusat kota diperlukan waktu 1 jam 16 menit untuk mencapai lokasi.

  1. Pantai Klotok

Pantai Klotok yang berlokasi di Desa atau Kecamatan Paranggupito, Kabupaten Wonogiri, menjadi daya tarik tersendiri lantaran menawarkan pemandangan alam yang indah. Pantai yang bersebelahan dengan Pantai Sembukan ini ramai diperbincangkan setelah selesai direvitalisasi.

Bagaimana tidak? Pantai yang dulunya bekas dermaga mangkrak itu disulap menjadi spot wisata dengan keindahan pasir putihnya. Jejak bekas dermaga itu masih terlihat dari adanya pemecah gelombang di pinggir pantai.

Daya tarik lain adalah terdapat tebing yang mengimpit pantai. Di tebing bibir pantai dibangun jalur pedestrian yang menyambung ke Pantai Sembukan. Selain indah, pemandangan itu juga cocok digunakan untuk berswafoto.

Pantai Klotok berjarak sekitar 61 kilometer dari pusat Kabupaten Wonogiri dan jarak tempuh sekitar 1 jam 20 menit. Sementara dari Kota Solo berjarak 88 km dengan jarak tempuh 2 jam 10 menit.  

  1. Pantai Nampu

Pantai Nampu Paranggupito Wonogiri wisata selatan lebaran
Panorama yang tersaji di Pantai Nampu, Kabupaten Wonogiri, belum lama ini. (Istimewa).

Pantai lain yang berpotensi ramai ketika libur Lebaran yakni Pantai Nampu. Kebanyakan pantai di Wonogiri memiliki hamparan pasir putih, termasuk Pantai Nampu. Selain itu juga ada bebatuan karang.

Kondisi angin di Pantai Nampu cukup kencang. Empasan ombak juga cukup besar sehingga tidak memungkinkan untuk berenang. Namun pengunjung masih bisa main air di bibir pantai sambil tetap memperhatikan keselamatan.

Pantai Nampu terletak di Dusun Dringo, Desa Gunturharjo, Kecamatan Paranggupito. Jaraknya cukup jauh dari pusat kota Kabupaten Wonogiri yakni 60 km dengan waktu tempuh kendaraan kurang lebih 1,5 jam. 

  1. Gua Resi

Gua Resi berada di Desa Conto, Kecamatan Bulukerto. Berdasarkan catatan Solopos.com, Sejak 2020, Desa Conto sudah ditetapkan sebagai desa wisata di Kabupaten Wonogiri.

Desa Conto bahkan menjadi salah satu desa wisata terbaik dalam ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2023 yang digelar Kemenparekraf. Area wisata tersebut dibagi menjadi tiga. Pertema, di area paling bawah, pengunjung dapat berbelanja di pusat oleh-oleh khas desa.

Kedua atau bagian tengah, terdapat Gua Resi. Pengunjung dapat masuk ke dalam gua. Kemudian di area ketiga yang juga disebut Taman Puncak, pengunjung disuguhi berbagai fasilitas, antara lain gardu pandang yang dapat menjadi spot foto, kafe dan restoran, hingga kolam renang.

Gua Resi terletak 49 km dari pusat kota Wonogiri dengan jarak tempuh sekitar 1 jam 19 menit.

  1. Soko Langit

Masih di Desa Conto, Kecamatan Bulukerto, Wonogiri, tepatnya di Dusun Nglarangan, wisata alam Soko Langit menyediakan wahana kolam renang, flying fox, restoran, serta camping.  

wisata wonogiri lebaran
Wahana kolam renang di objek wisata alam Soko Langit, Desa Conto, Bulukerto, Wonogiri. Foto diambil beberapa waktu lalu. (Dok Solopos)

Catatan Solopos.com, fasilitas yang disediakan di Soko Langit cukup lengkap. Fasilitas-fasilitas tersebut di antaranya area parkir, kamar ganti, toilet, musala, spot gardu pandang, replika Rumah Hobbit, outbond, dan gazebo yang dapat digunakan untuk bersantai.  



Di Soko Langit terdapat pula restoran. Bagi pengunjung yang hanya berniat menikmati pemandangan Gunung Lawu dapat memesan makanan dan minuman di restoran itu. 

Lokasi wisata alam yang menawan ini juga cukup jauh dari pusat Kota Wonogiri. Jarak tempuh dari pusat kota yakni 47 km dengan lama berkendara kurang lebih 1 jam 22 menit.

  1. Umbul Nogo

Umbul Nogo juga merupakan salah satu wisata alam yang diprediksi ramai pengunjung saat Lebaran nanti di Wonogiri. Sesuai namanya tempat itu terdapat umbul dengan pemandangan alami. 

Catatan Solopos.com, Umbul Nogo masih dikelilingi pohon yang rindang. Suasana sejuk dan asri akan menemani wisatawan ketika berkunjung.

Satu kolam terbesar yang terletak di tengah-tengah objek wisata berisi berbagai jenis ikan. Selain itu, terdapat juga sebuah kolam yang di salah satu bagiannya terbuat dari kaca. 

Umbul Nogo beralamat di Desa Karanglor, Kecamatan Manyaran, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah. Dibanding dengan tempat wisata sebelumnya, letaknya Umbul Nogo tidak terlalu jauh dari pusat kota yakni sekitar 24 km dengan jarak tempuh 30 sampai 40 menit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya