SOLOPOS.COM - Jadwal Imsakiyah Ramadan 1442 H/2022 M yang diunggah akun instagram kabupatenkaranganyar. (instagram)

Solopos.com, KARANGANYAR — Beredar jadwal Imsakiyah Ramadan yang diterbitkan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Karanganyar di kalangan warga Bumi Intanpari. Dalam jadwal imsakiyah yang beredar tersebut awal Ramadan 1443 H jatuh pada Minggu (3/4/2022).

Jadwal imsakiyah ini beredar di grup-grup Whatsapp hingga berupa leaflet tersebar di masyarakat. Kepala Baznas Karanganyar, Kafindi, membenarkan beredarnya jadwal imsakiyah Ramadan 1443 Hijriyah atau 2022 di masyarakat diterbitkan oleh Baznas.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

“Kalender Ramadan atau jadwal imsakiyah itu memang resmi kita terbitkan dengan awal puasa jatuh pada Ahad [Minggu] 3 April,” kata dia ketika dihubungi Solopos.com, Rabu (23/3/2022).

Baca Juga: Belum Sidang Isbat, Pemkab Karanganyar Unggah Jadwal Imsakiyah Ramadan

Kafindi mengatakan penerbitan jadwal imsakiyah Ramadan tersebut sesuai hasil koordinasi dengan Kementerian Agama (Kemenag) Karanganyar. Dalam koordinasi tersebut, Kemenag menganjurkan Baznas membuat jadwal imsakiyah dengan awal puasa jatuh di tanggal 3 April 2022. Meskipun nanti penetapan awal puasa menunggu keputusan pemerintah melalui sidang isbat.

“Kemungkinan berubah [jadwal awal puasa] bisa saja terjadi. Tapi, paling memungkinkan awal puasa itu memang jatuh di tanggal 3 April,” kata dia.

Awal puasa jatuh di tanggal 3 April dengan asumsi metode yang digunakan pemerintah dalam melihat hilal berbeda dengan Muhammadiyah. Kementerian Agama mengadopsi kriteria wujudul hilal yaitu tinggi bulan minimal 3 derajat dan elongasi minimal 6,4 derajat. Dengan kriteria baru tersebut, maka posisi bulan di wilayah Indonesia dan negara-negara tetangg seperti Brunei Darussalam, Malaysia, dan Singapura (negara-negara MABIMS) memenuhi kriteria pada tanggal 3 April.

Baca Juga: Lebih Megah, Masjid Agung Karanganyar Masih Terapkan 1 Tarawih 1 Juz?

“Penetapan tanggal 2 April posisinya masih 2 derajat, sehingga 1 Ramadan 1443 berpotensi tanggal 3 April 2022. Tapi tetap menunggu keputusan hasil isbat pemerintah,” katanya.

Saat ini, dia mengatakan leaflet jadwal imsakiyah yang diterbitkan Baznas telah terdistribusikan ke kecamatan-kecamatan. Bahkan juga sudah beredar di masyarakat. “Kecamatan banyak yang meminta ke kami. Dan sudah kami edarkan,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya