SOLOPOS.COM - Bus Batik Solo Trans (BST) dan kru Koridor 6 saat peluncuran di halaman Balai Kota Solo, Kamis (30/12/2021). (Solopos/Nicolous Irawan)

Solopos.com, KARANGANYAR — Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Karanganyar tidak langsung menerima usulan Dishub Kota Solo yang ingin Batik Solo Trans (BST) rutenya diperpanjang hingga Karanganyar kota. Meski ada keinginan untuk itu, Dishub Karanganyar butuh kajian mendalam terkait dampaknya.

Hal itu diutarakan Kepala Bidang Lalu Lintas Dishub Karanganyar, Bambang Prasetyo, saat diwawancarai Solopos.com, baru-baru ini. Ia mengatakan perlu ada kajian-kajian karena ada banyak pihak yang terlibat. Ia tidak mau keputusan itu nantinya menjadi bumerang bagi

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

“Kami kaji dulu secara mendalam karena yang terlibat banyak sekali. Misalnya angkutan yang sekarang bagaimana, dan dampak-dampak sosial. Semuanya perlu dilibatkan dalam perencanaan agar kebijakan ini tidak malah jadi bumerang bagi Karanganyar,” imbuhnya.

Baca Juga: Asyik, Dishub Solo Jajaki Rute BST Diperpanjang sampai Karanganyar

Sebelumnya, Dishub Kota Solo menjajaki kemungkinan memperpanjang rute bus Batik Solo Trans atau BST sampai Karanganyar kota. Selama ini, BST dari Solo hanya beroperasi sampai Terminal Palur, Jaten, Karanganyar.

Hal itu sekaligus merespons permintaan dari otoritas setempat agar BST bisa sampai ke Karanganyar. “Kami menyampaikan ke Kementerian Perhubungan. Dimungkinkan Koridor 2 [diperpanjang sampai Karanganyar] namun ini baru proses perencanaan,” kata Kepala Bidang Angkutan dan Perparkiran Dishub Solo, Yulianto Nugroho, ketika ditemui wartawan di Balai Kota Solo, Senin (4/4/2022).

Ia mengatakan Dishub Solo sudah berkomunikasi dengan Dishub Karanganyar mengenai perpanjangan rute Koridor 2 BST. Rute Koridor 2 sejauh ini berjalan dari Sub Terminal Kerten sampai Terminal Palur.

Baca Juga: Dishub Karanganyar Ingin BST Sampai Karanganyar Kota, Tapi… 

“Kita butuh transportasi itu [BST] tapi butuh kajian mendalam sebelum benar-benar diterapkan nantinya,” sambung Bambang Prasetyo.

Sebelumnya, BST juga sudah melayani wilayah Sukoharjo, tepatnya dengan koridor 5 rute Terminal Kartasura-Pasar Bekonang PP dan koridor 6 Terminal Tirtonadi-Solo Baru PP.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya