SOLOPOS.COM - Keripik belut khas Klaten. (Istimewa/klatenkab.go.id)

Solopos.com, KLATEN — Di musim liburan seperti sekarang ini, banyak pengunjung berwisata di berbagai objek wisata di Klaten. Selain objek wisata, Klaten juga menyimpan banyak oleh-oleh yang layak dibawa pulang para wisatawan.

Dilansir dari laman klatenkab.go.id, Sabtu (24/12/2022), berikut oleh-oleh khas Klaten yang bisa Anda bawa pulang:

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

1. Keripik Paru

Sesuai namanya makanan keripik ini dibuat dari bahan paru sapi pilihan yang mempunyai ukuran paru sangat besar. Sudah puluhan tahun camilan keripik paru ini banyak disukai warga.

Walaupun sudah ada sejak lama tapi rasa dari keripik paru tak pernah berubah. Sebab, cita rasa khas dari perpaduan paru dan bumbu serta rempah-rempah khas lainnya.

Baca Juga: Selain Mandi Salju, Janti Park Klaten Kini Dilengkapi Wahana ala Ninja Warrior

Keripik paru memiliki rasa yang gurih dengan tekstur yang renyah. Camilan ini juga memiliki daya simpan yang lama jadi cocok untuk oleh-oleh. Anda bisa menemukan keripik paru ini di toko oleh-oleh yang berada di Jalan Rajawali, Kecamatan Klaten Tengah atau seputaran Alun-alun Klaten.

2. Kue Semprong

Kue semprong khas Klaten ini berbeda dengan kue semprong yang lain. Kue semprong Klaten menggunakan tepung beras dan tidak banyak menggunakan telur sehingga kue semprong bisa menjadi renyah lebih lama.

Selain rasanya yang renyah lebih lama kue ini menjadi oleh-oleh yang diburu oleh pengunjung karena harganya yang tidak mahal. Satu kemasan kue semprong dengan berat setengah kilogram di hargai Rp35.000. Kue semprong ini bisa kalian dapatkan di Desa Sidowayah, Kecamatan Polanharjo.

Baca Juga: Diguyur Hujan saat Libur Natal, Objek Wisata di Klaten Tetap Banjir Pengunjung

3. Getuk

Makanan getuk memang sudah familier, tapi berbeda dengan getuk khas Klaten. Getuk Klaten menggunakan bahan seperti singkong atau ketela pohon.

Lantaran terbuat dari ketela pohon, membuat cita rasanya legit dan memanjakan lidah yang memakannya. Getuk ini bisa Anda dapatkan di pasar tradisional Klaten.

4. Keripik Belut

Baca Juga: Nasi Lemak Jadi Menu Andalan di Soko Alas Ponggok Klaten

Oleh-oleh terakhir ada keripik belut khas Klaten. Camilan keripik belut ini paling digemari oleh semua kalangan dari anak-anak sampai orangg tua sebab rasanya yang gurih dan renyah.

Keripik belut juga mempunyai daya simpan lama jadi cocok untuk buah tangan. untuk mendapatkannya, Anda bisa berkunjung ke salah satu toko oleh-oleh yang berada di sepanjang jalan Kota Klaten.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya