SOLOPOS.COM - Dua belas tokoh yang dinilai Solo Raya Polling potensial jadi calon pemimpin Kota Solo 2024. (istimewa)

caSoloposcom, SOLO — Lembag survei Solo Raya Polling menjaring 12 figur yang dinilai potensial menjadi pemimpin Kota Solo 2024-2029. Nama-nama itu dijaring  berdasarkan riset atau kajian bursa calon pemimpin Solo berdasarkan metode Delfhi, yaitu metode merumuskan gagasan strategis tentang sebuah kebijakan bersifat komprehensif.

Metode ini menempatkan ahli sebagai narasumber. Teknik pengumpulan data dilakukan bergelombang dari narasumber dapat kesepakatan atas pokok isi. Dalam risetnya Solo Raya Polling menggandeng 19 narasumber. Mereka yaitu tiga politikus, dua birokrat, tiga akademisi, dua budayawan, satu pengageng Keraton Solo, tiga pengusaha, satu tokoh LSM/pergerakan, dan satu pemangku kebijakan.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Selain itu ada dua agamawan, dan satu tokoh pemuda. Dari 19 narasumber itu muncul 12 nama bakal calon pemimpin Solo. Nama-nama tersebut adalah:

1. Teguh Prakosa
2. Budi Prasetyo
3. Budi Martono
4. KGPAA Mangkunagoro X
5. Mashuri
6. Yashinta Sekarwangi Mega
7. Sekar Tandjung
8. Rheo Yuliana Fernandez
9. Her Suprabu
10. Astrid Widayani
11. Sugeng Riyanto
12. Kaesang Pangarep

Teguh Prakosa adalah Wawali Solo pendamping dari Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka. Sedangkan Budi Prasetyo adalah Ketua DPRD Solo periode saat ini, dan Budi Martono adalah Sekretaris Daerah Solo sekarang.

Nama yang relatif belum cukup familier adalah Yashinta Sekarwangi Mega. Perempuan itu merupakan putri dari politikus PDIP, Aria Bima. Yashinta maju sebagai calon Anggota DPD DIY tahun 2024 dengan suara cukup banyak.

Direktur Solo Raya Polling, Suwardi, dalam konferensi pers, Jumat (8/3/2024), mengatakan hasil penjaringan 12 nama itu akan dilanjutkan dengan survei kepada 640 sampel responden yang tersebar di 80 titik lokasi survei.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya