SOLOPOS.COM - Pengunjung berenang di Umbul Besuki di Ponggok, Polanharjo, Klaten. (Solopos-Ponco Suseno)

Solopos.com, KLATEN — Kabupaten Klaten memiliki daftar umbul baru yang layak dikunjungi saat momen liburan. Selama ini, Klaten dikenal sebagai Kota 1.000 Umbul karena mengacu banyaknya umbul yang terdapat di wilayah tersebut.

Sebagaimana diketahui, objek wisata tirta di Klaten didominasi di wilayah utara. Hal itu seperti di Polanharjo, Tulung, Karanganom, dan Jatinom. Di luar tersebut terdapat Kecamatan Kebonarum yang juga memiliki air pemandian alami.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Umbul di Klaten yang sudah dikenal masyarakat luas, di antaranya Umbul Ponggok (Polanharjo), Umbul Manten Sidowayah (Polanharjo), Umbul Pelem Wunut (Tulung), Umbul Nilo (Tulung), Objek Mata Air Cokro (OMAC) Tulung, dan lainnya.

Di Klaten juga terdapat daftar umbul tergolong baru. Disebut baru lantaran baru saja dikembangkan dalam beberapa tahun terakhir.

1. Umbul Besuki

Baca Juga: Ponggok, Desa Wisata Terbaik Bekas Republik Monolitik di Klaten

Umbul ini tergolong daftar umbul baru di Klaten. Umbul Besuki berlokasi di Desa Kiringan, Kecamatan Polanharjo, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah.

Dilansir dari laman klatebkab.go.id, Sabtu (10/12/2022), Umbul Besuki baru saja direnovasi di tahun 2018.

“Dulu masih alami, tanggulnya masih dari bebatuan. Renovasi dimulai akhir tahun 2018. Baru dikembangkan sebagai objek wisata tahun 2019,” ujar Kirno selaku pengelola Umbul Besuki di Desa Ponggok, Polanharjo, Klaten.

Umbul Besuki ini mempunyai beberapa kolam. Satu kolam besar untuk dewasa memiliki kedalaman kurang lebih 1,5 meter, tiga kolam untuk anak-anak, serta ada kolam untuk terapi ikan.

Fasilitas yang ada di Umbul Besuki juga sudah memadai. Hal itu seperti area parkir, gazebo, tempat makan, musala, dan toilet. Di Umbul Besuki juga menyediakan pendapa yang digunakan untuk pertemuan, outbound, serta camping. Tiket masuk dibanderol seharga Rp5.000. Biaya parkir seharga Rp2.000.

Baca Juga: Wahana Anyar Soko Alas Ponggok Klaten Tutup 2 Hari, Manajemen Minta Maaf

2. Umbul Sigedhang

Daftar umbul baru di Klaten selanjutnya Umbul Sigedhang. Umbul ini berlokasi di Dukuh Umbulsari, Ponggok, Kecamatan Polanharjo, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah.

Dilansir dari travelingyuk.com, Rabu (16/11/2022), kejernihan air di Umbul Sigedhang masih terjaga hingga sekarang. Dulu, Umbul Sigedhang hanya digunakan masyarakat sekitar desa. Namun sekarang berbeda, sudah menjadi salah satu wisata favorit pengunjung lokal.

Umbul Sigedhang cocok dijadikan tempat rekomendasi untuk bersantai melepas lelah setelah seharian bekerja. Bersantai dengan menggelar tikar sembari menikmati mi instan hangat dan kopi hangat di sekitar Umbul Sigedhang memang perpaduan yang epik.

Tiket masuk Umbul Sigedhang terbilang ramah di kantong. Cukup membayar Rp5.000, Anda sudah bisa berenang sepuasnya. Agar air umbul selalu jernih, pengunjung dilarang memakai sabun dan sampo saat berada di umbul.

Baca Juga: Arus Lalu Lintas di Klaten Lancar saat Libur Natal 2022

3. Umbul Susuhan

Umbul Susuhan tergolong daftar umbul baru di Klaten. Umbul Susuhan berada di Desa Manjungan, Kecamatan Ngawen, Kabupaten Klaten, Jateng.

Dilansir dari laman klaten.go.id, Rabu (21/12/2022), Umbul Susuhan ini dulunya merupakan tempat cuci mobil atau truk. Keterangan ini didapat langsung dari Anang Widjatmoko yang pernah menjabat sebagai Camat Ngawen beberapa tahun lalu.

Anang Widjatmoko menuturkan Umbul Susuhan merupakan tempat bekas cucian truk yang melintas sepanjang jalan. Tempat ini memiliki nilai sewa sebesar Rp10 juta pertahun oleh desa setempat.

Dengan sentuhan dana desa, tempat bekas cucian mobil ini disulap menjadi taman wisata pemandian. Dari 2015 sampai 2017 secara bertahap mengalir dana desa yang kemudian di bangun pemandian dengan wahana anak-anak, kolam dewasa, dan kolam khusus wanita yang menelan biaya Rp900 juta.

Baca Juga: Momen Libur Natal, Begini Ramainya Pengunjung Wisata Air di Klaten

4. Umbul Kroman

Umbul Kroman juga termasuk daftar umbul baru di Klaten. Meski sudah ada sejak lama, Umbul Kroman baru ditata dan diketahui masyarakat luas dalam beberapa tahun terakhir.

Umbul Kroman merupakan surga tersembunyi di Desa Mranggen, Kecamatan Jatinom, Klaten. Lokasinya tersembunyi di balik permukiman wilayah Dukuh Kroman.

Kepala Desa (Kades) Mranggen, Miseran, mengatakan Umbul Kroman menjadi sumber mata air utama di Mranggen. Dulu, air umbul itu menjadi sumber air minum warga setempat. Saban hari terutama saat kemarau tiba, warga berdatangan membawa jeriken atau klenting untuk mengambil air dari umbul.



“Saat saya masih SD pada 1970-an masih mengalami masa-masa itu,” kata Miseran saat ditemui di kantor desa setempat, Selasa (4/1/2022).

Baca Juga: Fasilitas Kian Komplet, Bukit Sidoguro Klaten bakal di-Launching Akhir Tahun

Pada 2021, Pemerintah Desa Mranggen mulai menyicil melakukan penataan kawasan tersebut dengan membangun toilet serta ruang ganti dengan alokasi anggaran sekitar Rp50 juta. Tahun ini, pemerintah desa berencana membangun musala di dekat kawasan tersebut dengan alokasi anggaran Rp100 juta.

Miseran mengatakan ada rencana untuk memagari sumber utama di Umbul Kroman. Selain menjaga kebersihan sumber utama, pemagaran itu dilakukan agar air dari sumber utama bisa langsung dinikmati.

Ada juga rencana pengembangan agrowisata. Hanya, rencana pengembangan itu tergantung alokasi anggaran pada keuangan desa.

Meski belum tertata untuk wisata, Umbul Kroman belakangan ramai dikunjungi. Saat akhir pekan, sekitar 250 orang mendatangi sumber mata air tersebut.

Demikian tadi, daftar umbul baru di Klaten. Di luar itu, tentunya masih banyak umbul yang sedang dilakukan penataan, baik Pemdes ataupun Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). Banyaknya umbul di Klaten tak terlalu berlebihan jika Klaten memang layak disebut Kota 1.000 Umbul.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya