SOLOPOS.COM - Wakil Bupati Karanganyar, Rober Christanto (kedua dari kiri) menikmati durian di Dusun Podang, Desa Genengan, Kecamatan Jumantono, Karanganyar. (Istimewa/Pemkab Karanganyar)

Solopos.com, KARANGANYAR — Musim durian telah tiba. Kabupaten Karanganyar dikenal sebagai salah satu daerah penghasil durian terenak. Di mana saja tempat anda bisa makan durian di Karanganyar?

Karanganyar tidak hanya kaya akan keindahan alamnya, namun juga kaya akan hasil bumi. Salah satunya buah durian. Ada dua wilayah yang terkenal sebagai sentra durian di Karanganyar. Yang pertama adalah Dusun Podang, Desa Genengan, Kecamatan Jumantono. Tempat makan durian di karanganyar berikutnya adalah di Desa Gempolan, Kecamatan Kerjo.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Tiap musim durian tiba, Dusun Podang selalu jadi rujukan para pecinta buah berduri ini. Bukan cuma wisatawan lokal Karanganyar, namun banyak juga dari wilayah lain terutama di Soloraya.

Baca Juga: Durian Banyumas Punya Potensi Nilai Ekspor Tinggi

Pada Minggu (30/1/2022) lalu, Karang Taruna Karya Manunggal Desa Genengan menggelar festival durian asli Jumantono. Festival ini diikuti 20 petani durian. Wakil Bupati Karanganyar, Rober Christanto, menyempatkan hadir dalam festival tersebut dan mencoba durian asli Jumantono yang dikenal enak.

Pemerintah Kecamatan Jumantono berencana mengembangkan Dusun Podang menjadi sentra durian yang mengarah pada desa wisata durian. ”Durian asli Jumantono ini variannya macam-macam. Rasanya dan tekstur dagingnya pun beda-beda. Mungkin itu yang menjadi daya tarik durian asli Jumantono, ” kata Camat Jumantono, Sugiharjo, Minggu, dalam rilis Pemkab Karanganyar.

Bupati Karanganyar, Juliyatmono, mendukung pengembangan Dusun Podang menjadi kawasan sentra durian agar lebih dikenal masyarakat luas. Ia berharap pengembangan ini bisa meningkatkan ekonomi dan kesejahteraan petani durian di Jumantono.

Baca Juga: Minat Beli Durian di Wonogiri Turun, Efek Pandemi Covid-19?

Sentra buah durian lain di Karanganyar yakni di Desa Gempolan, Kecamatan Kerjo. Sejak Selasa (1/2/2022) hingga Kamis (3/2/2022) besok digelar festival durian di desa ini. Pengunjung bisa memilih beragam durian karena ada 20 lapak yang mengisi stan festival ini.

Lokasi tepatnya di jalan penghubung Kerjo-Ngargoyoso di Dusun Karanggandu, Desa Gempolan. Harganya realtif terjangkau dan variatif tergantung ukuran, mulai dari Rp20.000 hingga Rp80.000 per buah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya