SOLOPOS.COM - Danrem 074/Warastratama, Kolonel (Inf) Achiruddin (ketiga dari kiri) berfoto saat peresmian Desa Ngringo, Kecamatan Jaten, Kabupaten Karanganyar sebagai Kampung Pancasila, Senin (28/3/2022) di desa setempat. (Solopos.com/Akhmad Ludiyanto)

Solopos.com, KARANGANYAR — Status Kampung Pancasila pertama di Kabupaten Karanganyar jadi milik Desa Ngringo, di Kecamatan Jaten. Peresmiannya dihadiri oleh Danrem O74/Warastratama, Kolonel (Inf) Achiruddin, dan para Forkompimda Karanganyar.

Dipilihnya Desa Ngringo sebagai Kampung Pancasila bukan tanpa sebab. Ada sejumlah faktor yang membuat desa terpadat di Bumi Intanpari itu menjadi pelopor Kampung Pancasila di Karanganyar. Lantas, apa istimewanya Desa Ngringo?

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Desa yang memiliki luas 420,266 hektare ini dihuni sekitar 30.000 jiwa. Penduduknya memiliki keragaman suku, keyakinan, tingkat sosial dan ekonomi. Meski banyak sekali perbedaan, mereka bisa hidup berdampingan secara guyub dan rukun.

Baca Juga: Desa Ini Jadi Kampung Pancasila Pertama di Karanganyar

“Keragaman itu bersatu dan menjadi kekuatan untuk memantapkan solidaritas menegakkan NKRI [Negara Kesatuan Republik Indonesia]. Warga kami menjaga kerukunan dan melaksanakan nilai-nilai Pancasila dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika,” ujar Kepala Desa (Kades) Ngringo, Widodo, Senin (28/3/2022).

Kampung Pancasila di desa ini dipusatkan di wilayah RW 15. Di sana terdapat simbol-simbol bernuansa Pancasila seperti yang dituangkan pada mural-mural di kompleks tersebut. Di kampung ini juga dibangun posko gotong-royong, posko guyub rukun, posko toleransi, dan sebagainya.

Pembentukan Kampung Pancasila Ngringo ini mendapat pendampingan dari salah satu dosen Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo, Ahmad Ramdhon. Kegiatan ini melibatkan semua elemen masyarakat yang direpresentasikan oleh 17 elemen yang ada di desa tersebut.

Baca Juga: Dikukuhkan Jadi Kampung Pancasila, Ini Kekuatan Mutihan Sondakan Solo

Desa Ngringo lebih dikenal dengan nama Palur, meski Palur merupakan salah satu dusun di Ngringo. Sebagian orang sering keliru menyebut Desa Ngringo sebagai Palur karena Dusun Palur juga bersebelahan dengan Desa Palur, Kecamatan Mojolaban, Kabupaten Sukoharjo. Desa Ngringo dan Desa Palur dipisahkan oleh jalan Solo-Surabaya/Karanganyar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya