SOLOPOS.COM - Ketua DPP PDIP, Puan Maharani, saat berkunjung ke Sukoharjo, Kamis (11/1/2024). (Solopos.com/Magdalena Naviriana Putri)

Solopos.com, SUKOHARJO — Ketua DPP PDIP Puan Maharani menanggapi santai perihal pose foto salam metal tiga jariWakil Presiden KH Ma’ruf Amin dalam seremoni HUT ke-51 PDIP. Aksi tersebut sempat menjadi bahan perbincangan publik.

“Tanggapannya ya metal, metal total,” sebut Puan sambil tersenyum berlalu dengan mengacungkan pose metal saat ditemui wartawan seusai meresmikan GOR Bung Karno Sukoharjo, Kamis (11/1/2024),

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Sambil berlalu Puan memilih tertawa dan enggan memberikan komentar lebih jauh mengenai aksi Wapres tersebut.

Seperti diketahui, Wapres menghadiri peringatan HUT ke-51 PDIP di Sekolah Partai DPP PDIP, Jl. Lenteng Agung Raya, Jagakarsa, Jakarta Selatan pada Selasa (10/1/2024). Seusai mendapatkan potongan tumpeng pertama dari Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri, Wapres beserta segenap elite PDIP berfoto bersama dengan pose salam metal tiga jari.

Dalam kesempatan itu, Puan juga sempat menanggapi isu pemakzulan dan ketidakhadiran Presiden Joko Widodo (Jokowi) di HUT ke-51 PDIP. Puan memastikan PDIP masih solid memenangi Pemilu 2024.

“PDI Perjuangan solid bergotong royong memenangkan capres-cawapres dan memenangkan PDIP,” jelas Puan menegaskan.

Ia menegaskan PDIP masih optimis  bisa memenangkan Ganjar Prabowo-Mahfud MD dalam satu putaran Pilpres.

Sementara itu, mengutip Bisnis.com, Juru Bicara Wapres Ma’ruf Amin, Masduki Baidlowi, memberikan klarifikasi soal Pose foto salam metal Wapres. Masuki mengatakan pose salam metal Wapres semata-mata merupakan bentuk keakraban dan penghargaan terhadap PDIP yang tengah merayakan ulang tahunnya.

“Terkait salam metal [tiga jari] yang ditunjukkan Wapres pada saat menghadiri HUT PDIP, tidak seharusnya dipersepsikan Wapres mendukung pasangan capres-cawapres tertentu dalam kontestasi Pilpres saat ini,” jelas Masduki.

Lebih lanjut, Jubir menegaskan sampai saat ini Wapres konsisten mengambil posisi netral dalam Pilpres 2024, seperti sering disampaikan dalam berbagai kesempatan. “Netralitas itu lah yang menjadi salah satu alasan Wapres hadir dalam acara HUT PDIP, juga HUT parpol yang lain,” terangnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya