SOLOPOS.COM - Salah satu jalur ekstrem di Hutan Tunggangan, Kecamatan Jatiroto, Kabupaten Wonogiri. (Istimewa/channel Gerobag Nipon)

Solopos.com, WONOGIRIHutan Tunggangan berlokasi di Kecamatan Jatiroto, Kabupaten Wonogiri. Hutan tersebut merupakan hutan lindung yang dikelola Perhutani.

Di Hutan Tunggangan dikenal memiliki jalur ekstrem. Hal itu sebagaimana yang diulas di Youtube channel Gerobag Nipon, 20 Oktober 2019. Video berdurasi 16 menit 57 detik itu berjudul Jalur Ekstrim Hutan Tunggangan Wonogiri Yang Di Lewati STJ VELLAGO Hingga Harus DI Evakuasi.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Saat ditengok Solopos.com, Kamis (16/6/2022) siang, video tersebut tercatat sudah 237.772 tayang dengan 719 komentar. Video itu mengulas jalur ekstrem pascabus Sudiro Tungga Jaya Vellago tersesat.

Dalam deskripsinya dijelaskan, tanggal 19 Oktober 2019, bus Sudiro Tungga Jaya Vellago tersesat di hutan Tunggangan Wonogiri. Secara akal sehat, enggak mungkin bus sebesar itu bisa naik sampai puncak bukit karena jalannya yang sangat ekstrem. Kondisi jalan sempit, menanjak, dan menikung.

Semula, bus Sudiro Tungga Jaya Vellago berangkat dari arah Ponorogo menuju Baturetno. Umumnya, jalur tersebut melalui Ponorogo-Ngadirojo-Baturetno. Saat kejadian, entah karena disesatkan GPS atau karena disesatkan makhluk gaib, bus Sudiro Tungga Jaya tiba-tiba melewati jalur alternatif, yakni via Jatisrono-Tirtomoyo.

Baca Juga: Inilah Hutan Tunggangan Wonogiri yang Ngrejekeni Mbah Slamet

Jalur tersebut hanya untuk sepeda motor dan kendaraan kecil mengingat medannya sangat sulit, jalannya sempit, menanjak, dan menikung. Mustahil bus melewati jalan tersebut biarpun akhirnya menyangkut di tikungan saat mau turun di sisi Tirtomoyo.

Video tersebut memperoleh komentar beragam dari warganet. Di antarannya, channel mas Hud.

Mantab betul skill dewa driver stj mampu taklukan tunggangan bawa big bus tanpa lecet2,” katanya.

Baca Juga: Begini Awal Mula Satu Keluarga Pilih Hidup di Hutan Wonogiri

Komentar lainnya disampaikan channel Muhammad Ikbal.

Secara akal sehat gamungkin bis bisa liwat situ. Mengingatb panjang bis sampe 12M dan ketika tikungan otomatis sisi bagian yang menikung lebih rendah..dan tanpa lecet sedikitpun..Indonesia masih kaya akan hal Mistis nya.. jgn lupa berdoa dalam perjalanan kemanapun,” katanya.

Di Hutan Tunggangan yang berlokasi di Kecamatan Jatiroto, Kabupaten Wonogiri, saat ini menjadi tempat tinggal Mbah Slamet, 73, warga asli Desa Ngelo, Kecamatan Jatiroto. Yang bersangkutan tinggal di hutan tersebut bersama keluarganya sejak tahun 2013.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya