SOLOPOS.COM - Anggota KPU Kabupaten Karanganyar menyelenggarakan sosialisasi pemutakhiran DPB secara daring pada Kamis (25/6/2020). (Istimewa/Dokumentasi KPU Kabupaten Karanganyar)

Solopos.com, KARANGANYAR– Partai politik (parpol) nonparlemen di Kabupaten Karanganyar siap bertarung dalam konstestasi pemilihan legislatif (pileg) 2024.

Mereka akan merebut kursi parlemen, termasuk parpol baru (newbie). Para parpol nonparlemen ini ramai-ramai memanfaatkan hari terakhir untuk mendaftarkan bakal calon legislatif (bacaleg) ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Karanganyar, Minggu (14/5/2023).

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Hingga Minggu sore, partai yang memasukkan pendaftaran di antaranya PPP, PSI, Hanura, PBB, Partai Gelora, PKN. Kemudian malam diagendakan Perindo, Partai Buruh, dan Partai Ummat.

Ketua DPC PPP Karanganyar, Imron Supomo,  mencoba comeback di pileg 2024 nanti. Hal ini setelah satu periode 2019-2024 hilang dari parlemen di Karanganyar.

Hanura Karanganyar bacaleg Hanura Karanganyar
Partai Hanura Karanganyar menyerahkan berkas pendaftaran bacaleg ke KPU pada Minggu (14/5/2023). (Solopos.com/Indah Septiyaning W)

“Kami akan merebut kembali kursi kami yang sempat hilang di Pemilu 2019 kemarin. Beberapa periode DPRD sejak 1999, PPP tidak pernah absen meski satu kursi,” kata dia di sela pendaftaran ke KPU, Minggu.

PPP Karanganyar saat ini mendaftarkan 31 bacaleg tersebar di lima daerah pemilihan (Dapil). Tak muluk-muluk, PPP menargetkan lima kursi keterwakilan di DPRD Karanganyar. Masing-masing Dapil menyumbang satu kursi di Parlemen.

PPP Karanganyar Bacaleg PPP Karanganyar
DPC PPP Karanganyar menyerahkan berkas pendaftaran bacaleg ke KPU pada Minggu (14/3/2023). (Solopos.com/Indah Septiyaning W)

PPP mencalegkan lagi figur politikus senior, Romdloni di Dapil 4, meliputi wilayah Gondangrejo dan Colomadu. Romdloni menjadi dedengkot PPP Karanganyar. Selain tokoh lama, PPP juga memasang figur baru.

“Hampir 80% bacaleg orang-orang baru. Ada pengusaha, pelaku UMKM dan lainnya,” katanya.

Tak hanya PPP yang ingin comeback, Partai Hanura juga ingin kembali meraih kursi di parlemen pada pemilu 2024. Ketua DPC Partai Hanura Karanganyar, Moejono mengatakan telah mendaftarkan tiga bacaleg pada pemilu 2024 nanti. Tiga bacaleg ini seluruhnya berada di satu Dapil 2. Satu kursi Hanura hilang pada pemilu 2019 lalu.

“Kami hanya mendaftarkan tiga bacaleg. Target kami bisa raih satu kursi lagi seperti dulu,” kata dia.

Sementara parpol newbie juga menargetkan meriah kursi di parlemen. DPD PSI Karanganyar menargetkan lima kursi pada pileg 2024.

PSI Karanganyar Bacaleg PSI Karanganyar
DPD PSI Karanganyar menyerahkan berkas pendaftaran bacaleg ke KPU pada Minggu (14/5/2023). (Solopos.com/Indah Septiyaning W)

“Hari ini kami mendaftarkan 19 bacaleg yang tersebar di lima Dapil. Targetnya masing-masing Dapil bisa raih satu kursi,” kata Ketua DPD PSI Karanganyar Landri Sumarmo.

Sebagai pemain baru, PSI ingin mendapatkan hati warga Karanganyar.

Partai Gelora yang juga newbie siap bertarung dengan partai lama. Gelora Karanganyar mendaftarkan 17 bacaleg untuk maju dalam pemilu legislatif 2024. Mereka disebar merata di lima Dapil, namun yang menjadi penguatan partai di Dapil 1, 3 dan 5.

“Hari ini kami belum bisa mendaftarkan bacaleg lewat Silon. Pendaftaran dilakukan secara manual,” kata Ketua DPD Gelora Karanganyar, Joko Rianto.

Partai Gelombang Rakyat Indonesia (Gelora) Karanganyar menargetkan lima kursi keterwakilan di DPRD Kabupaten pada Pemilu 2024 mendatang. Target tersebut tak muluk-muluk meski partai Gelora masih tergolong newbie di konstestasi politik nanti. Konsolidasi di internal partai terus dilakukan. Mengingat waktu pemilu 2024 sangat pendek sehingga dibutuhkan kerja keras bersama guna memenangkan Partai Gelora di Pemilu 2024.

Konsolidasi dilakukan baik di tingkat struktur partai maupun bakal calon legislatif (bacaleg).

Komisioner Divisi Teknis Penyelenggara KPU Karanganyar, Muhammad Maksum mengatakan sesuai edaran KPU Nomor 476, bahwa pada masa akhir pendaftaran bakal calon legislatif, KPU Kabupaten/Kota dapat menerima berkas pendaftaran secara manual tanpa melalui Silon bila terjadi gangguan teknis seperti gangguan jaringan Internet atau terkendala akses aplikasi tersebut.

Maksum menjelaskan setiap parpol yang melakukan pendaftaran secara manual, maka diberi waktu 2 kali 24 jam untuk mengunggah data berkas pendaftaran ke aplikasi Silon sejak ditutupnya masa pendaftaran bacaleg

“Nanti parpol diberi kesempatan 2 kali 24 jam untuk melakukan upload berkas ke Silon,” jelasnya.

KPU menyediakan empat desk layanan pengecekan berkas untuk mempercepat proses pengecekan dan verifikasi. Berdasarkan jadwal KPU Karanganyar, masa pendaftaran bacaleg DPRD Karanganyar para partai politik yang belum mengajukan berkas pendaftaran akan diberi waktu hingga pukul 23.59 WIB nanti malam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya