SOLOPOS.COM - Ilustrasi malam Tirakatan memperingati HUT RI. (dok)

Solopos.com, SOLO — Tradisi warga di sebagian wilayah Indonesia menjelang perayaan HUT Republik Indonesia adalah menggelar malam tirakatan. Malam tirakatan yang digelar H-1 atau setiap  16 Agustus malam isinya adalah renungan tentang jasa para pahlawan sekaligus mendoakan mereka dan bangsa Indonesia agar lebih maju ke depannya.

Pemerintah Kota Solo kembali merilis doa malam tirakatan yang bisa dibaca warga saat melaksanakan malam tirakatan di wilayah masing-masing. Berikut ini teks doa malam tirakatan pada HUT ke-77 RI:

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Bismillahirohmanirohim. Alhamdulillahi rabbil ‘alamin, hamdan syakirin, hamdan na’imin hamdan yuwafi niamahu wa yukafiu mazidah. Ya rabbana lakal hamdu kama yanbaghi lijalali wajhika wa’azhimi sulthonik.

Allahumma shalli wasallim ‘ala sayyidina muhammadin wa’ala alihi washahbihi ajma’in.

Ya Allah, Tuhan yang Maha Kuasa, Puji syukur kami panjatkan kehadiratMu ya Allah, pada saat kami dan seluruh Bangsa Indonesia dalam suasana syahdu dan penuh haru memperingati Proklamasi
Kemerdekaan Bangsa kami, teringat akan jasa dan pengabdian para pahlawan pejuang kemerdekaan, yang telah rela mengorbankan jiwa dan raga, harta benda, disertai tetesan darah dan deraian air mata, yang membasahi bumi persada nusantara, mereka gugur berjatuhan melawan penjajah, guna menegakkan kemerdekaan yang menjadi hak bagi setiap insan.

Ya Allah Tuhan yang maha Esa pada saat ini seluruh bangsa Indonesia khususnya warga RT……RW……. (sebutkan RT dan RW desa) sedang bertafakur memuji kebesaranMu memanjatkan doa.
Puji syukur ke hadiratMu atas hikmah kemerdekaan yang sekarang telah genap berusia 77 tahun, untuk itu terimalah doa dan rasa syukur kami.

Ya Allah Tuhan yang Maha Kuasa, berkat rahmat dan karuniaMU serta semangat persatuan dan kesatuan yang membara, bangsa kami dapat menyingkirkan penjajah dari Bumi Pertiwi Indonesia.
Ampunilah segala kesalahan mereka, dan terimalah budi baik dan keikhlasan pengorbanan mereka, serta tinggikan derajat dan tempatkanlah mereka di tempat yang mulia disisiMu.

Ya Allah Tuhan Yang Maha Pengasih, Curahkanlah rahmat dan kasih sayang-Mu kepada para pahlawan kami, yang telah mengorbankan jiwa dan raganya bagi tegaknya negara kesatuan republik indonesia.

Untuk itu ya Allah dengan kekuasaanMU berikanlah kemampuan bangsa Indonesia untuk mampu mempertahankan dan mengisi kemerdekaan dengan penuh kesungguhan dan keiklasan.

Ya Allah Tuhan yang maha bijaksana hindarkan bangsa dan negara Kami dari fitnah dan mara bahaya, jauhkanlah Kami dari perbuatan dosa sadarkanlah seluruh bangsa Kami akan pentingnya persatuan dan kesatuan.

Ya Allah, Ya Tuhan kami, teguhkanlah rasa cinta tanah air, tumbuh-suburkan tenggang rasa, solidaritas antarsesama, serta gotong royong dalam membangun bangsa.

Kuatkan jiwa Kami untuk tetap bersatu padu dalam kebersamaan, dan jauhkan Kami dalam sifat mementingkan diri sendiri yang akan dapat menghancurkan Kami.

Ya Allah Tuhan penentu masa depan, masa depan adalah milik anak cucu Kami jadikan generasi masa kini dan masa mendatang menjadi generasi penuh iman dan takwa, generasi yang hormat kepada orang tua dan menghargai jasa para pahlawan.

Jadikanlah Kami dan anak cucu Kami manusia yang dapat membawa bangsa dan negara Kami ke tingkat kemajuan dan keadilan yang Kami cita-citakan, serta terciptanya masyarakat yang saling berbagi dan penuh kasih sayang.

Ya Allah Tuhan yang maha pengampun, ampunilah dosa dan kesalahan Kami, dosa dan kesalahan para pemimpin kami, para pahlawan, dan suhada yang telah berjuang merebut kemerdekaan dari penjajahan. Terimalah doa permohonan Kami.

Rabbana atina fiddunya hasanah, wafilakhirati hasanah, waqina ‘adzabannar, Subhana robbika robbil ‘izzati ‘amma yasifun wa salamun ‘alal mursalin wal hamdulillahi rabbil ‘alamin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya