SOLOPOS.COM - Kondisi plengkung pitu di Sudimoro, Tulung, Senin (6/9/2021). Plengkung pitu tersebut sebagai ikon utama di kompleks Objek Wisata Kalimosodo di desa setempat. (Solopos.com/Ponco Suseno)

Solopos.com, KLATENKlaten dikenal dengan kota 1.000 umbul. Di samping itu juga dikenal 1.000 candi.

Saat memasuki libur Lebaran 2022, sejumlah objek wisata di luar umbul dan candi di Klaten layak dikunjungi wisatawan. Deretan objek wisata tersebut, seperti:

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

1. Taman Jlengut Karangduren

Lokasinya berada di Desa Karangduren, Kecamatan Kebonarum. Objek wisata ini di atas lahan seluas 1,5 hektare (ha) yang merupakan tanah kas desa serta tanah bengkok kepala desa.

Taman Jlengut juga dilengkapi kebun binatang mini atau mini zoo. Ada kandang burung merak, kelinci, kuda, kerbau, kambing bertanduk empat, rumah reptil, rumah kucing, rumah musang, hingga kura-kura.

Baca Juga: Hari Pertama Lebaran, Umbul Manten Klaten Batasi Pengunjung

2. Objek Wistaa Kalimosodo

Lokasinya berada di Desa Sudimoro, Kecamatan Tulung. Di lokasi ini terdapat plengkung pitu yang menjadi ikon utama. Plengkung pitu itu sendiri merupakan sebuah saluran air yang diduga sudah berdiri sejak zaman penjajahan belanda. Di kompleks Objek Wisata Kalimosodo juga dilengkapi joglo, kuliner, spot selfie, dan lainnya.

3. Agrowisata Pasung

Objek wisata ini berlokasi di Desa Pasung, Kecamatan Wedi. Jalan utama di sepanjang desa ini disulap menjadi bagian pendukung desa agrowisata dengan ditanami lebih dari 1.000 tanaman buah. Hal itu seperti, buah nangka, kelengkeng, dan lainnya. Jalan utama desa itu sepanjang kurang lebih 3,4 kilometer.

Di Pasung juga terdapat Pemancingan dan Rumah Makan Tirto Mili. Rencananya, desa agrowisata di Pasung di-launching tahun 2022.

Baca Juga: Yuk Dolan ke Objek Wisata Umbul Klaten, Ini Lokasinya

4. Janti Park

Janti Park menjadi objek wisata baru di Desa Janti, Kecamatan Polanharjo. Objek wisata di sini berkonsep taman wisata air serta restoran. Fasilitas lainnya, berupa mandi salju.

Ada tiga kolam renang dengan kedalaman dari 50 sentimeter hingga 1,7 meter. Ada sungai buatan dengan kedalaman 50 sentimeter yang mengelilingi objek wisata dan terhubung dengan salah kolam anak-anak. Jembatan melengkung di atas sungai buatan menjadi penghubung bagian tengah objek wisata yang dihiasi aneka bunga berwarna-warni serta gazebo.

5. Kalitalang

Sesuai namanya, objek wisata ini berlokasi di Kalitalang, Desa Balerante, Kemalang. Di lokasi ini menjadi salah satu spot terbaik mengabadikan pemandangan Gunung Merapi.

Baca Juga: Begini Suasana di Sejumlah Umbul Klaten saat Momen Padusan…

Di luar lima objek wisata tersebut di atas masih banyak lagi objek wisata yang layak dikunjungi wisatawan saat liburan Lebaran 2022. Dibukanya keran mudik pemerintah di tengah pandemi Covid-19 di tahun ini dinilai akan berdampak ke kunjungan di objek wisata.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya