SOLOPOS.COM - Camat Sawit, Yanuar Suseto memberikan sambutan di acara Studi Komparasi Kampung Germas, Kamis (21/7/2022). Provinsi Gorontalo melakukan studi komparasi Kampung Germas di Desa Gombang. (Solopos.com/Nova Malinda)

Solopos.com, BOYOLALI–Kampung Gerakan Masyarakat Sehat (Germas) Desa Gombang menjadi upaya pemberdayaan masyarakat sekitar yang mengedepankan unsur kearifan lokal. Kampung Germas Desa Gombang didirikan sejak 2019.

Kampung Germas Desa Gombang di Kecamatan Sawit berhasil meraih penghargaan ditingkat daerah dan nasional. “Desa Gombang terlalu banyak prestasi. Kemajuan Kampung Germas di Desa Gombang cukup pesat,” ujar Camat Sawit, Yanuar Susetyo, Kamis (21/7/2022).

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Kepala Desa Gombang, Ahmadi Wahyu Wibowo mengatakan pelaksanaan kegiatan di Kampung Germas Desa Gombang melibatkan kerja sama dengan banyak pihak.

“Semua lini ikut terlibat baik dari puskesmas, aparat keamanan, dan partisipasi aktif dari masyarakat,” jelas dia, Kamis (21/7/2022).

Sosialisasi kepada masyarakat pentingnya hidup sehat menjadi poin penting untuk mendukung pelaksanaan kegiatan Kampung Germas.

Kepala Desa Gombang memaparkan dalam kegiatan sosialisasi kepada masyarakat, pihaknya bekerja sama dengan Puskesmas Sawit.

Pelaksanaan kegiatan di Kampung Germas Desa Gombang mengacu pada 12 indikator salah satunya masyarakat Desa Gombang mengembangkan jamu dan obat-obatan tradisional melalui kelompok Asmantoga Srikandi.

Masyarakat Kampung Germas setiap satu pekan aktif mengadakan kegiatan olahraga dan senam, mengolah sampah agar bernilai ekonomis, serta mengembangkan kesenian di daerahnya. Kesenian tersebut berupa karawitan dan tari daerah.

Masyarakat Kampung Germas juga berkomitmen untuk memanfaatkan pekarangan sebagai sarana budidaya ikan, sayuran, atau buah-buahan.

Bekerja sama dengan puskesmas, masyarakat Kampung Germas rutin mengikuti kegiatan posyandu, baik untuk balita, remaja, dan lansia.

Adapun setiap warga di Kampung Germas mempunyai jamban yang sehat.

Kampung Germas di Desa Gombang memiliki kawasan bebas rokok untuk program kampung ramah anak, poskamling untuk keamanan daerah, ruang laktasi untuk program wajib ASI enam bulan, serta memiliki resto germas sebagai wisata kuliner dengan nuansa edukatif perihal kesehatan.

Menurut Kepala Puskesmas Sawit, Yeni Maharani, Germas di Desa Gombang secara keseluruhan sudah diterapkan dengan baik. Namun, dia mengharapkan kegiatan di Kampung Germas tetap berkelanjutan. Rangkaian kegiatan untuk mewujudkan masyarkat hidup sehat akan terus diinovasi agar menjadi kebiasaan.

“Kedepan, harapannya Kampung Germas ini menjadi agen perubahan perilaku. Tidak hanya menjadi kegiatan semata namun juga menjadi kebiasaan dari semua lini, sehingga menimbulkan kestabilan, berkelanjutan,” papar dia, Kamis (21/7/2022).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya