SOLOPOS.COM - Ilustrasi pemilihan kepala daerah. (JIBI/Harian Jogja/Istimewa)

Solopos.com, SRAGEN—Hingga akhir pendaftaran bakal calon bupati (cabup) dan bakal calon wakil bupati (cawabup), Sabtu (8/6/2024), Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Sragen menerima empat pendaftar bakal cabup dan satu pendaftar cawabup.

Mantan Kepala Desa Sambirejo, Plupuh, Sragen, Prihandoko menjadi pendaftar bakal cabup paling terakhir di PKS.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Hingga Senin (10/6/2024), total ada sembilan nama bakal cabup yang muncul di tujuh partai politik dan tujuh nama bakal cawabup yang mendaftar ke lima parpol.

Sembilan nama bakal cabup tersebut mendaftar di Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Partai Golkar, Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Gerindra, Partai Demokrat, dan Partai Amanat Nasional (PAN).

Sedangkan tujuh bakal cawabup itu muncul di PDIP, PKS, Partai Demokrat, Partai Gerindra, dan PKB.

Mantan Kades Sambirejo, Plupuh, Prihandoko, kepada Solopos.com, Senin, mengaku menyerahkan berkas pendaftaran sebagai bakal cabup ke PKS paling terakhir, yakni pada Sabtu sore.

Sebelumnya, mantan Wakil Bupati (Wabup) Sragen Dedy Endriyatno juga menyerahkan berkas pendaftaran ke PKS pada Sabtu sianya. “Sabtu sore, sekitar pukul 17.00 WIB, saya daftar ke PKS agar tidak berbarengan dengan Pak Dedy,” jelas Prihandoko.

Prihandoko sengaja mendaftar di hari terakhir pendaftaran di PKS karena masih sibuk mengurus proyek perumahan. Prihandoko adalah seorang pengusaha properti dengan PT Berlian Jaya Properti. Sebelum ke PKS, Prihandoko juga mendaftar bakal cabup di Partai Gerindra Sragen.

“Setelah mendaftar di dua partai, saya akan meningkatkan popularitas dan safari politik. Sudah banyak relawan saya yang tersebar di 20 kecamatan. Namun, kami baru memunculkan mereka pada Juli mendatang. Pada Juni ini, saya akan masifkan untuk pasang gambar sebagai sarana pengenalan ke publik,” jelasnya.

Sementara itu, Sekretaris DPD PKS Sragen, Wahyudi, mengatakan total yang mendaftar ke PKS ada empat bakal cabup, yakni Sigit Pamungkas, dr. Aan Cahyanto Bayu Aji, Dedy Endriyatno, dan Prihandoko dan satu orang bakal cawabup Mulyono.

Dia menerangkan Mulyono adalah kader Partai Gerindra karena dulu pernah menjadi calon anggota legislatif (caleg) Gerindra.

“Setelah ini masih ada proses penyaringan di internal DPD PKS. Tahapan penyaringan masih didiskusikan di internal PKS. Gambaran sesuai dengan panduan DPP, ada wawancara dan ada komunikasi ke mitra koalisi. Kalau ada kesepakatan dan kebersamaan nanti dilakukan survei. Setelah tahapan selesai baru diserahkan ke DPW,” jelas Wahyudi.

Dia menjelaskan PKS intensif berkomunikasi dengan partai politik lain untuk menjalin koalisi, seperti dengan Partai Gerindra, Partai Golkar, dan Partai Demokrat.

Berikut Daftar Bakal Cabup/Cawabup di Sragen

Bakal Cabup Sragen

  1. Untung Wibowo Sukawati (PDIP)
  2. Pujono Elli Bayu Efendi (Partai Golkar)
  3. Dedy Endriyatno (PKS)
  4. Untung Wina Sukowati (Partai Demokrat, Partai Gerindra, dan PKB)
  5. Sigit Pamungkas (Partai Demokrat, Partai Gerindra, PKB, dan PKS)
  6. Aan Cahyanto Bayu Aji (PKS dan Partai Gerindra)
  7. Ismail Joko Sutreno (PKB dan PAN)
  8. Prihandoko (Partai Gerindra dan PKS)
  9. Danan Heruwanto (Partai Demokrat dan Partai Gerindra)

Bakal Cawabup Sragen

  1. Respati Setyo Saputro (PDIP)
  2. Giana Saputra (Partai Demokrat dan Partai Gerindra)
  3. Harmono (Partai Demokrat)
  4. Joko Saptono (Partai Demokrat)
  5. Inggus Subaryoto (Partai Demokrat)
  6. Nur Muhammad Sugiyarto (PKB)
  7. Mulyono (Partai Gerindra dan PKS)

Sumber: Dihimpun dari berbagai sumber. (trh)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya