SOLOPOS.COM - Kondisi bangunan yang tertimpa reruntuhan tembok bekas pabrik cor logam di Batur Baru, Desa Tegalrejo, Kecamatan Ceper, Jumat (16/12/2022). (Solopos.com/Taufiq Sidik Prakoso)

Solopos.com, KLATENTembok bangunan bekas pabrik cor logam di Dukuh Batur Baru, Desa Tegalrejo, Kecamatan Ceper ambruk, Jumat (16/12/2022) siang. Satu orang meninggal dunia tertimpa reruntuhan.

Korban seorang tukang bangunan bernama Rohmad Nugroho, 45, warga Desa Troketon, Kecamatan Ceper. Peristiwa tembok ambruk itu terjadi, Jumat sekitar pukul 10.30 WIB.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Saat itu, Rohmad bersama seorang tukang lainnya sedang memasang batu bata untuk merampungkan pembangunan tembok di bagian belakang bangunan rumah warga bernama Asrori.

Secara tiba-tiba, tembok yang bersebelahan dengan bagian belakang rumah Asrori ambruk. Tembok yang ambruk setinggi 6 meter dengan panjang sekitar 30 meter.

“Saat itu mau memasang batu bata tinggal satu. Tahu-tahu tembok ambruk,” kata tukang lainnya, Sugeng, 40, saat ditemui di lokasi kejadian.

Baca Juga: Dikira Petir, Ternyata Longsoran Batu Kapur Timpa Rumah Warga Krakitan Klaten

Sugeng menceritakan dia bersama Rohmad berada di bagian belakang rumah merampungkan pembangunan tembok di belakang rumah Asrori yang sudah berlangsung sepekan terakhir. Sebelumnya tak ada tanda-tanda tembok rawan ambruk.

“Tidak ada angin dan tidak ada hujan,” kata Sugeng, warga Desa Tibayan, Kecamatan Jatinom.

Sugeng selamat dari kejadian itu. Namun, dia mengalami luka lecet pada salah satu tangannya lantaran terkena reruntuhan tembok.

Pemilik rumah, Asrori, mengatakan korban masih saudaranya. Saat kejadian, korban sedang merampungkan pembangunan tembok pada bagian dapur rumahnya.

Baca Juga: Hujan Deras, Pekarangan Sepanjang 10 Meter Milik Warga Ceper Klaten Longsor

Saat kejadian, Asrori sedang tidak berada di rumah. Tembok yang ambruk merupakan bangunan lama dan bekas pabrik pengecoran logam.

Proses evakuasi korban dari reruntuhan dilakukan Tim SAR Klaten bersama Damkar Satpol PP dan Damkar Klaten dibantu Polisi dan TNI serta sukarelawan. Korban berhasil dikeluarkan dari reruntuhan dan langsung dibawa ke rumah duka di Troketon menggunakan ambulans.

Kapolsek Ceper, AKP Aris Joko Narimo, mengatakan selain menyebabkan satu orang meninggal dunia, tembok yang ambruk menimpa dua rumah.

“Tembok merupakan bangunan bekas pabrik. Kondisi tembok itu bangunan lama,” kata Kapolsek.

Baca Juga: Asale Umbul Nilo Klaten, Pernah Ada Pohon Nila Besar Berdiri di Dekat Umbul

Kejadian tersebut masih diselidiki Polisi. Pemilik bangunan sudah dihubungi dan akan mendatangi lokasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya