SOLOPOS.COM - Seorang pengguna jalan melintas di dekat lahan kosong di wilayah RW 007 Langenharjo, Grogol, yang akan digunakan untuk pembangunan Hotel Tosan setinggi sembilan lantai, Selasa (12/11/2013) siang. (Kurniawan/JIBI/Solopos)

 Seorang pengguna jalan melintas di dekat lahan kosong di wilayah RW 007 Langenharjo, Grogol, yang akan digunakan untuk pembangunan Hotel Tosan setinggi sembilan lantai, Selasa (12/11/2013) siang. (Kurniawan/JIBI/Solopos)


Seorang pengguna jalan melintas di dekat lahan kosong di wilayah RW 007 Langenharjo, Grogol, yang akan digunakan untuk pembangunan Hotel Tosan setinggi sembilan lantai, Selasa (12/11/2013) siang. (Kurniawan/JIBI/Solopos)

Solopos.com, SUKOHARJO — Satu lagi investor akan menanamkan modal mereka di kawasan Solo Baru, Grogol, Sukoharjo.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Informasi yang diperoleh Solopos.com, Selasa (12/11), sebuah hotel berlantai sembilan segera dibangun di lahan kosong sebelah utara lahan bekas Gedung Bioskop Atrium Solo Baru.

Sosialisasi pembangunan gedung bertingkat yang kabarnya akan diberi nama Hotel Tosan itu sudah dilakukan bulan lalu. Kades Langenharjo, Kecamatan Grogol, Sugiman, mengkonfirmasi kebenaran informasi tersebut. Menurut dia sosialisasi dilakukan kepada warga sekitar lahan proyek pembangunan hotel. Lahan seluas lebih kurang 2.000 meter persegi tersebut berada di wilayah rukun warga (RW) 007 Langenharjo.

“Sosialisasi sudah digelar bulan lalu. Menurut informasi yang kami dapat, warga menyetujui proyek ini,” katanya.

Sedangkan investor yang akan masuk diketahui bernama Kunto Harjono. Saat ini lahan yang dulu milik PT Pondok Solo Permai (PSP) telah dikuasai oleh pihak investor. Lahan yang akan digunakan untuk lokasi hotel berada di pinggir Jl. Ir. Soekarno. Sejak beberapa waktu terakhir pihak investor telah memasang pagar keliling dari seng di lahan tersebut.

Terpisah, Camat Grogol, Agustinus Setiyono, juga membenarkan adanya informasi rencana pembangunan Hotel Tosan. Menurut dia, hotel tersebut nantinya masuk kategori bintang tiga. Jumlah kamar hotel sekitar 120 unit. “Sosialisasi sudah digelar sekitar sebulan lalu kepada warga,” ungkapnya.

Untuk pembangunan fisik hotel, menurut camat bisa dilakukan bila sudah ada izin mendirikan bangunan (IMB) dan izin gangguan (HO) dari Kantor Pelayanan Perizinan Terpadu (KPPT) Sukoharjo. Sementara berdasarkan catatan Solopos.com, saat ini ada tiga hotel berkelas di Solo Baru. Tiga hotel tersebut yaitu Hotel Brothers, Fave Hotel dan Grand Soba (Solo Baru) Hotel. Fave Hotel dan Brothers berada di pusat Solo Baru, sedangkan Grand Soba Hotel beralamat di Jl. Raya Langenharjo–Dlopo.

Sebelumnya Bupati Sukoharjo, Wardoyo Wijaya, saat ditemui wartawan menyatakan komitmennya mendukung investasi pembangunan hotel di Kota Makmur. Dia menyatakan nantinya akan ada 10 hotel kelas atas yang bisa dimanfaatkan untuk menginap tamu nasional.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya