SOLOPOS.COM - Lahan bekas Terminal Kartasura. (JIBI/Solopos/Dok)

Investasi Sukoharjo, muncul wacana lahan eks terminal Sukoharjo dilirik jadi rumah sakit.

Solopos.com, SUKOHARJO–Pemerintah Kabupaten Sukoharjo masih mencari sulosi pemanfaatan lahan eks Terminal Kartasura, Kecamatan Pabelan, Kabupaten Sukoharjo. Berbagai wacana dan calon investor muncul mulai dari pembangunan pusat bisnis hingga rumah sakit. Namun hingga April 2016 Pemkab Sukoharjo belum memutuskan pemanfaatan lahan tersebut. Terakhir, lahan itu dilirik calon investor untuk rumah sakit.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Penegasan itu disampaikan Kepala Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPPKAD) Sukoharjo, Widodo ditemui di Gedung DPRD Sukoharjo, Selasa (19/4/2016). Widodo menegaskan tim masih mengkaji usulan calon investor rumah sakit. “Kajian tim diperlukan agar tidak menyalahi regulasi. Kajian akan disesuaikan dengan RDTRK (rencana detail tata ruang kota). Apakah keberadaan rumah sakit itu bisa atau tidak,” ujarnya.

Diakuinya, calon investor telah bertemu dengan Bupati Sukoharjo, Wardoyo Wijaya, pada Januari lalu tetapi hingga sekarang (April) belum ada progres. Widodo juga mengaku belum mengetahui investasi yang akan ditanamkan untuk pembangunan rumah sakit.

“Pemkab [Sukoharjo] sudah membalas surat pengajuan dari calon investor namun sampai sekarang belum ada jawaban dari pihak calon investor. Pemkab masih membuka luas bagi calon investor dalam menggunakan lahan eks Terminal Kartasura,” papar dia.

Widodo menjelaskan pernah muncul wacana pembangunan pusat bisnis yang dikelola Chairul Tanjung tetapi belum cocok. Sesuai tata ruang, ujarnya, wilayah Kartasura masuk wilayah perekonomian. “Saat Pak Chairul Tanjung melirik lahan eks Terminal Kartasura akan dibangun pusat perbelanjaan dipadukan dengan perhotelan,” katanya.

Menurutnya, semakin cepat lahan mangkrak milik Pemkab Sukoharjo termanfaatkan akan mempercepat penambahan pendapatan asli daerah. “Bagian aset terus-menerus memromosikan lahan-lahan milik Pemkab [Sukoharjo] termasuk lahan eks Terminal Kartasura sehingga tidak menjadi mangkrak.”

Sementara itu, di laman BPMPP Sukoharjo disebutkan lahan eks Terminal Kartasura, Kecamatan Pabelan, Kabupaten Sukoharjo direncanakan untuk pusat jasa perdagangan grosir tekstil dan elektronik. Pusat jasa perdagangan tekstil dan elektronik direncanakan berupa gedung berlantai tiga dengan tanah seluas 16.669,36 meter persegi. Lahan seluas itu terbagi atas lahan basemen seluas 13.000 meter persegi, lantai satu hingga tiga seluas 10.000 meter persegi dan taman dan sarana pendukung seluas 3.669,36 meter persegi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya