SOLOPOS.COM - Cucu pemilik Warung Soto Triwindu, Keprabon, Solo, Murwani, sekarang menjadi pengelola warung tersebut. Foto diambil Jumat (16/12/2022). (Solopos/Nova Malinda)

Solopos.com, SOLO — Warung Soto Triwindu di Jl Teuku Umar, Keprabon, Kecamatan Banjarsari, Kota Solo, sudah puluhan tahun mewarnai khasanah kuliner Kota Bengawan. Bahkan, warung soto ini sudah menjadi langganan Presiden Jokowi dan keluarganya sejak masih muda.

Saat menggelar acara ngunduh mantu anak ketiganya, Kaesang Pangarep, di Solo, Minggu (11/12/2022), keluarga Presiden Jokowi tak lupa memesan sejumlah menu di warung soto yang berlokasi tak jauh dari Pura Mangkunegaran ini.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Cucu pendiri warung Soto Triwindu, Murwani, mengaku kurang tahu persisnya kapan Jokowi mulai berlangganan soto di warung neneknya. Namun, Murwani menceritakan Jokowi sudah berlangganan sejak masih menjadi pengusaha kayu jati.

“Iya, Bapak [Jokowi] itu dari punya usaha kayu jati, dari bapak ibunya beliau juga sudah langganan di sini. Terus saudara-saudaranya, pakdenya, pakliknya, itu memang sudah langganan di sini,” terangnya saat ditemui Solopos.com di warungnya, Jumat (16/12/2022).

Saat Jokowi menjabat Wali Kota Solo, kata Murwani, hampir setiap dua pekan sekali pasti menyambangi Warung Soto Triwindu. Menurut Muwarni, Jokowi biasanya datang seusai kegiatan blusukan atau sepeda santai.

Baca Juga: Berusia 83 Tahun, Ini Warung Soto Langganan Presiden Jokowi di Solo

Muwarni mengaku mengetahui pelanggan setianya adalah Jokowi semenjak sosok Jokowi menjadi Wali Kota Solo. “Sampai kemarin, beliau punya hajat, kami juga mendapat pesanan,” kata dia.

warung soto triwindu solo
Semangkuk soto daging sapi di Warung Soto Triwindu, Keprabon, Solo, Jumat (16/12/2022). (Solopos/Nova Malinda)

Muwarni mengatakan pesanan terakhir Jokowi saat pernikahan putra bungsunya tersebut tidak untuk banyak kalangan, namun untuk hidangan makan keluarga seperti biasanya.

Lokasi Masuk Gang

Menurut Muwarni, menu yang biasanya dipesan Jokowi adalah soto, tempe garit, dan lauk potong paru serta camilan lainnya. “Kami memang memakai daging khas super, kemudian kuahnya, meskipun bening tapi gurih, itu khasnya,” jelasnya.

Baca Juga: 7 Rekomendasi Wisata Dekat Stasiun Solo Balapan, Ada yang Buka 24 Jam

Hingga dikelola Muwarni yang merupakan generasi ketiga, Warung Soto Triwindu masih ramai pelanggan. Warung tersebut berdiri sejak 1939 dan menjadi salah satu kuliner legendaris yang masih eksis di sekitar Pura Mangkunegaran.

Warung Soto Triwindu Solo tersebut buka mulai pukul 05.30 WIB dan tutup pukul 15.30 WIB. Satu porsi soto daging sapi dijual dengan harga Rp17.000 untuk dine in.

Selain itu, warung tersebut juga menyediakan sejumlah lauk potong, gorengan, dan rempeyek. Meski harus melewati gang-gang kampung untuk mencapai warung tersebut, pelanggan tidak akan kecewa dengan cita rasa dan bumbu rempah dari Soto Triwindu.

Baca Juga: Rekomendasi Wisata Kuliner Lezat di Solo

Para pelanggan pun memberikan review yang positif di laman Google. Salah satunya Candra Nila yang menilai meja penyajian Warung Soto Triwindu cukup unik. “Mejanya unik, seperti model meja warung makan jaman dulu,” tulisnya pada kolom review di laman Google.

Review lainnya dari Caersar Ayudhea soal Soto Triwindu menilai nilai positif yang sama. “Tempatnya masuk gang kecil dan mejanya menurut saya unik. Untuk kuah sotonya segar yaaa seperti soto kebanyakan. Rasanya pas. Di sini disediakan lauk potong bermacam jerohan,” terangnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya