SOLOPOS.COM - Kapolres Sragen, AKBP Jamal Alam, bersama istrinya melewati pasukan pedangpora saat kali pertama memasuki lingkungan Polres Sragen, Jumat (22/7/2023). (Solops.com/Tri Rahayu)

Solopos.com, SRAGEN — Kapolres Sragen, AKBP Jamal Alam, bakal mengaktifkan peningkatan patrol berskala besar untuk mengantisipasi gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) di Sragen. Kebijakan dan prestasi kinerja yang sudah dibangun Kapolres sebelumnya akan dilanjutkan sembari beradaptasi mempelajari karakteristik Sragen.

Keterangan itu diungkapkan  Alam saat ditemui wartawan seusai serah terima jabatan dengan AKBP Piter Yanottama di Mapolres Sragen, Jumat (21/7/2023). Jamal mengakui Sebagai pejabat baru masih melakukan pemahaman terhadap karakteristik kerawanan wilayah dan mengidentifikasi permasalahan di wilayah Sragen.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

“Setiap wilayah memiliki karakteristik masing-masing. Kami sudah menyiapkan pola-pola pencegahan terhadap ancaman gangguan kamtibmas. Kami akan aktif meningkatkan patrol berskala besar, serta melakukan penggalangan-penggalangan. Semua itu berjalan sambil saya beradaptasi dengan lingkungan. Yang pasti, apa yang sudah dilakukan Bang Piter, terutama program kebijakan, prestasi, dan kinerja  yang baik akan tetap dilanjutkan,” jelas mantan Kapolres Kendal itu.

Dia masih mempelajari dulu secara keseluruhan situasi di Sragen. Dia akan meminta dukungan dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sragen, dalam hal ini Bupati SRagen dan stakeholders terkait. Dia juga meminta dukungan masyarakat untuk membantu Polres Sragen untuk bersama-sama menciptakan stabilitas keamanan wilayah Sragen.

Sementara Mantan Kapolres Sragen, AKBP Piter Yanottama, mengaku belum berjasa di Sragen. Pasalnya selama setahun lebih di Sragen  apa yang dikerjakan masih biasa-biasa saja. Yang terpenting, menurutnya, masyarakat merasakan aman, damai, dan tenang dalam beraktivitas.

“Berkat dukungan semua elemen, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah, masyarakat, tokoh pemuda, dan seterusnya, kami mampu menciptakan sinergi dan koordinasi yang baik. Secara internal anggota juga solid dan sehat semua. Tidak ada pelanggaran-pelanggaran yang menonjol. Secara ekternal, hubungannya juga baik,” jelasnya.

Piter menilai penggantinya, yakni Jamal, memiliki jam terbang dan rekam jejak yang luar biasa. Jamal disebutnya sudah malang melintang di sembilan kabupaten/kota dengan berbagai jabatan yang pernah diembnnya,  seperti di Polda Metrojaya, dan Polda Jateng. “Sragen di bawah kepemimpinan beliau akan lebih hebat lagi,” kata Piter.

Piter mengeklaim mengatakan semua kasus pembunuhan yang masuk sudah terungkap. Setiap aduan selalu ditindaklanjuti dan tidak boleh ditolak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya