SOLOPOS.COM - Gibran menyatakan akan menggunakan dana hibah UEA untuk revitalisasi Keraton Solo. (Solopos.com/Wahyu Prakoso)

Solopos.com, SOLO– Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka memasukkan dana hibah dari Uni Emirat Arab (UEA) untuk revitalisasi Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat (Keraton Solo) tahun ini. Revitalisasi itu bakal masuk 17 prioritas pembangunan.

“Dana dari kementerian sudah, saya tambahi dana dari UEA, ada yang tak geser ke Keraton. Cukup untuk fase satu,” kata dia ditemui wartawan di Balai Kota Solo, Senin (13/2/2023).

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Wali Kota Solo mengatakan proposal untuk dana hibah dari UEA telah direvisi. Selain tambahan untuk revitalisasi Keraton Solo, dana hibah untuk perbaikan kolam renang Tirtomoyo Manahan tahun ini.

Namun, Gibran tak mau menyebut berapa banyak dana Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) serta dana hibah UEA untuk revitalisasi Keraton Solo. 

Dana itu, kata Gibran, untuk revitalisasi gerbang Gladak, Alun-alun Utara, Alun-alun Kidul, serta bagian depan Masjid Agung Solo. Area depan masjid dijadikan public space yang lebih baik.

Disinggung konsep revitalisasi Keraton Solo, Gibran mengarahkan wartawan kepada Putra Mahkota Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat (Keraton Solo) K.G.P.A.A. Hamengkunegoro Sudibya Rajaputra Narendra Mataram.

 Ditanya ada sejumlah bangunan di kawasan Alun-alun Utara, antara lain Balai Agung Kerajinan Gamelan dan Saha Rias Penganten Keraton Solo, Gibran mengatakan tidak menyentuh bangunan-bangunan itu.

“Pokoknya yang ada bangunan-bangunan fisik itu fase dua. Soalnya perlu koordinasi lebih lanjut dnegan tim cagar budaya dan lain- lain,” ujar dia.

Selain itu, lanjut dia, bangunan-bangunan di tengah Keraton Solo membutuhkan kajian serta tingkat kehati-hatian lebih. Sementara gerbang Gladak dan Alun-alun bisa dikerjakan secara cepat.

Ditanya apakah revitalisasi Keraton Solo masuk bagian program prioritas pembangunan Pemkot Solo, Gibran mengatakan lumayan. Revitalisasi Keraton Solo dilakukan secara bertahap seperti Pura Mangkunegaran. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya