SOLOPOS.COM - Caleg Partai Demokrat Karanganyar, Muhammad Mubarok. (Istimewa)

Solopos.com, KARANGANYAR — Kalangan anak muda akan mewarnai wajah DPRD Kabupaten Karanganyar periode 2024-2029. Tak dimungkiri, kaum milenial dan generasi Z turut meramaikan pencalonan anggota legislatif di Pemilu 2024. Mereka mampu bertarung dengan para politikus senior hingga lolos ke parlemen.

Salah satunya adalah calon legislatif (caleg) dari Partai Demokrat yang maju di Dapil Karanganyar 1, Muhammad Mubarok. Berdasarkan perhitungan suara tingkat PPK, perwakilan kaum milenial dan gen Z ini meraup 9.860 suara by name plus suara partai. Mubarok disebut-sebut bakal menjadi anggota DPRD Karanganyar termuda, di usia 23 tahun. Ia mengalahkan Ketua DPD II Partai Golkar Karanganyar, Ilyas Akbar Almadani, dalam hal usia. Ilyas bakal berusia 26 tahun pada Mei nanti.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Saat berbincang dengan Solopos.com, Mubarok awalnya tak tertarik dengan dunia politik. Ia masih apatis terhadap politik. “Jadi memang di pikiran saya itu dulu politik buruk. Lalu saya kok tertarik terjun ke politik dan ingin merubah stigma itu,” kata dia, Kamis (29/2/2024).

Mubarok pun dilirik Partai Demokrat dan diminta bergabung dalam partai besutan mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) tersebut. Ia lantas mendaftarkan diri sebagai caleg Partai Demokrat di Dapil I meliputi Karanganyar, Matesih, dan Mojogedang.

Ia menempati nomor urut paling buncit, 10. Meski begitu, tak lantas menyurutkan semangatnya bersaing meraih kursi legislatif. Ia mengandalkan basis massa anak muda hingga akhirnya mampu membawanya melenggang ke parlemen.

“Cukup berat waktu itu. Saya ini kan pendatang baru. Kompetitor datang tidak hanya dari internal partai, tapi juga politikus senior yang sudah punya massa,” kata Mubarok.

Dengan kegigihan dan ketekunannya, ia pergi door to door ke masyarakat. “Paseduluran Saklawase” (bersaudara selamanya) menjadi tagline yang dibawanya. Ia meyakinkan basis massanya bahwa dirinya tidak hanya datang di saat menjelang pemilu, namun selamanya akan ada untuk masyarakat.

“Alhamdulillah saya diterima baik dan dipercaya masyarakat. Kepercayaan ini menjadi pegangan saya agar menjadi wakil rakyat yang amanah,” kata putra pemilik warung makan Beti di Tasikmadu, Karanganyar ini.

Mubarok merupakan anak pasangan Betty Sumardani dan Sunartomo yang akrab dipanggil Mas Lawas. Ia merupakan Sarjana Teknik Informatika lulusan Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) yang diwisuda pada September 2023.

Ia tak ingin jadi anggota Dewan yang hanya duduk dan diam. Mubarok berjanji kritis menyuarakan aspirasi masyarakat. “Tentu saya akan vokal dan kritis menyuarakan aspirasi masyarakat. Ini juga cara saya menjaga hubungan selawase yang diambil dari nama ayah saya itu,” katanya.

Selain Mubarok, caleg terpilih dari kalangan anak muda juga datang dari putra mantan Bupati Karanganyar Juliyatmono, Ilyas Akbar Almadani. Ilyas lolos dengan perolehan 9.321 suara di Dapil V Karanganyar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya