SOLOPOS.COM - Bhre Cakrahutomo Wira Sudjiwo membaca surat kekancingan atau piagam pengukuhan sebagai Mangkunagoro X pada Jumenengan di Pura Mangkunegaran, Solo, Jawa Tengah, Sabtu (12/3/2022). (Antara)

Solopos.com, SOLO — Bhre Cakrahutomo Wira Sudjiwo yang baru saja dikukuhkan menjadi pemimpin Pura Mangkunegaran Solo bergelar Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya (KGPAA) Mangkunagoro X, Sabtu (12/3/2022), memutuskan untuk menetap di Solo.

Bhre yang merupakan alumnus Fakultas Hukum (FH) Universitas Indonesia (UI) tahun 2015 selama ini lebih banyak menghabiskan waktu di Ibu Kota Jakarta. Semasa ia tinggal di Jakarta, ia sebenarnya juga sering pulang pergi Jakarta-Solo saat libur sekolah atau kuliah untuk sekadar menemani sang ayah ketika masih hidup.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

“Sering pulang pergi ke Solo, tentu dengan menyesuaikan jadwal sekolah ya. Tetapi setiap saya ada waktu senggang atau sedang libur pasti saya kembali ke Solo menemani Rama [ayah],” terang Bhre dalam wawancara eksklusif dengan Solopos.com, Selasa (15/3/2022) malam.

Baca Juga: Agenda Pertama Bhre sebagai Mangkunagoro X: Pimpin Ritual Ruwahan

Tiga hari setelah dikukuhkan sebagai KGPAA Mangkunagoro X, Bhre Cakrahutomo telah memutuskan rencana untuk meninggalkan Jakarta dan memilih menetap di Solo. Pilihan untuk menetap di Solo tersebut tak lepas dari hal-hal yang telah Bhre pertimbangkan.

Salah satunya, Bhre ingin mengoptimalkan energi dan spirit yang ia punya untuk turun langsung mengurus Pura Mangkunegaran Solo. “Menetap di Solo tentunya. Di sini ya ingin serius, dalam artian saya ingin bisa turun langsung. Kebetulan masih muda dan tidak mau menyia-nyiakan energi yang masih cukup,“ imbuh Bhre.

Baca Juga: Bhre Cakrahutomo Lakukan 6 Sumpah Saat Jumenengan Jadi Mangkunagoro X

Acara Jumenengan

Informasi yang diperoleh Solopos.com, setelah lulus dari FH UI, Bhre bekerja sebagai pengacara di Jakarta. Hal itu disampaikan Pengageng Wedhana Satrio Pura Mangkunegaran, KRMT Lilik Priarso, Selasa (1/3/2022).

“Saat ini sebagai pengacara wonten Jakarta. Kalau di Pura Mangkunegaran Solo, [Bhre] sudah dipercaya untuk mengawasi revitalisasi di Pura Mangkunegaran,” terang Lilik.

Seperti diketahui, Bhre Cakrahutomo dikukuhkan sebagai KGPAA Mangkunagoro X lewat upacara jumenengan yang berlangsung di Pendapa Ageng Pura Mangkunegaran Solo, Sabtu (12/3/2022).

Baca Juga: Hari Pertama Jadi MN X, Bhre Unggah Foto Ini di Instagram Story

Acara itu dihadiri banyak tokoh penting mulai dari Presiden Joko Widodo (Jokowi), Sultan Hamengku Buwono (HB) X, Paku Buwono (PB) XIII, Gubernur Jateng Ganjar Pranowo, dan tokoh penting lainnya.

Di akun media sosialnya, Bhre juga dibanjiri ucapan selamat dari berbagai pihak, termasuk dari Ikatan Alumni (Iluni) Fakultas Hukum Universitas Indonesia melalui akun Instagram ilunifhui. Dalam unggahan Senin (14/3/2022), ilunifhui menuliskan “Selamat dan sukes dalam menjalankan amanah” kepada Bhre.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya