SOLOPOS.COM - Mi di warung Yammie Singkawang 168, Siswodipuran, Boyolali, Sabtu (17/6/2023). Mi tersebut tergolong terenak di Boyolali. (Solopos.com/Ni’matul Faizah)

Solopos.com, BOYOLALIMi Yammie Singkawang 168 di sebelah utara Traffic Light Taman Pandan Alas atau Bangjo Seiko Boyolali disebut menjadi mi terenak di Kota Susu.

Pemilik dan pembuat mi, Darno, mengatakan cara pembuatan Yammie Singkawang ternyata sama dengan mi yang lain. Akan tetapi, ada pembeda dalam resep pembuatannya.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Darno mengatakan resepnya adalah jumlah telur yang banyak. Ia tak menyebut berapa komposisinya, tapi Darno meyakini hal tersebut lebih banyak dibanding pembuatan mi pada umumnya.

Komposisi telur yang banyak, menurut Darno, dapat menjadikan mi lebih gurih, empuk, dan enak. Ia menganalogikan pembuatan mi seperti pembuatan roti. Semakin banyak telur maka kualitas adonan akan semakin bagus.

“Pembuatan mi pakai tepung terigu, campur telur, air, dan garam. Bahannya simpel, terus dibuat adonan. Setelah itu dibentuk lembaran, lalu dipotong pakai mesin mi sesuai ketebalannya,” kata dia saat dihubungi Solopos.com, Senin (19/6/2023).

Lebih lanjut, Darno mengungkapkan dalam sehari ia menghabiskan tiga kilogram tepung terigu untuk mendapatkan 40-50 porsi. Lima porsi di antaranya biasanya dibuat dalam bentuk mi lebar dan pipih khusus penikmatnya.

Saat disinggung terkait penamaan angka 168 di warungnya, Darno mengatakan yang pertama itu adalah pembeda dari warung yammie Singkawang yang lain.

Selain itu, angka 168 dalam etnis Tionghoa artinya hoki atau rezeki yang lancar. Dalam bahasa Cina berbunyi yi lu fa yang artinya sukses yang berkesinambungan.

Dibandingkan lainnya, keunggulan mi Yammie Singkawang terenak di Boyolali milik Darno ini berada pada proses pembuatannya. Mi dibuat sendiri oleh Darno. Beberapa warung lain terkadang masih membeli mi di tempat produsen.

Selain itu, pelanggan juga bisa memesan mau mi gurih-asin atau manis. Kemudian, topping yang disediakan juga beragam, mulai dari hekeng atau udang gulung khas pontianak, ayam chasio, tauge, suwir telur, bakso tenggiri, dan lain sebagainya.

Harga makanan termurah di Yammie Singkawang 168 Boyolali dibanderol Rp14.000 per porsi. Untuk menu best seller ada Yammie Singkawang Special dengan harga Rp22.000 per porsi.

“Minuman yang best seller ada liang tea, jadi dari akar-akar tumbuhan herbal yang bagus untuk kesehatan. Harganya Rp7.000 per gelas, ada juga minuman lain seperti jus kedondong, teh tawar, teh manis, wedang jeruk, lemon tea, dan air mineral,” kata dia.

Saat disambangi Solopos.com pada Sabtu (17/6/2023) sekitar pukul 11.00 WIB, ada enam meja berjajar di warung. Baru satu meja terisi, makin mendekati makan siang, pengunjung bergantian mengisi meja.

Salah satunya pembeli dari Teras, Boyolali, Nella. Ia mengaku telah menjadi pelanggan Yammie Singkawang sejak 2022.

“Saya kan suka mi dan sudah berkeliling makan mi di Boyolali. Saya baru menemukan mi Yammie Singkawang di sini yang terenak di Boyolali,” kata dia saat berbincang dengan Solopos.com di warung Yammie Singkawang 168, Sabtu.

Perempuan asli Purwokerto tersebut sering bersama keluarganya datang membeli mi di sana. Favoritnya adalah yammie pipih pangsit jamur.

Pelanggan lainnya, Aryania, mengaku baru sekali itu mencoba mi di Yammie Singkawang 168. Ia mengaku mendapatkan rekomendasi dari Twitter sehingga ingin mencobanya.

“Di sana bilang kalau ini mi Yammie terenak di Boyolali, cita rasanya gurih dan asin. Asinnya itu yang enggak asin banget, pas. Mi-nya itu teksturnya lembut dan kecil-kecil, beda sama mi ayam yang besar. Bakalan balik lagi ke sini kapan-kapan,” kata dia.

Aryania mengungkapkan ia memesan yammie Singkawang spesial, topping yang disajikan juga banyak dan beragam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya