SOLOPOS.COM - Gedung Puskesmas Karangmalang, Sragen, dibangun dengan dana Rp4,8 miliar dinobatkan sebagai puskesmas terbesar se Sragen, Jumat (14/1/2022). (Espos/Tri Rahayu)

Solopos.com, SRAGEN — Kabupaten Sragen kini memiliki puskesmas yang memenuhi standar Kementerian Kesehatan, yakni Puskesmas Karangmalang. Puskesmas yang disebut-sebut terbesar di Sragen ini menjadi percontohan bagi  puskesmas lain.

Memiliki luas bangunan mencapai 1.620 meter persegi ini, gedung dua lantai Puskesmas Karangmalang ini menghabiskan Rp4,8 miliar dalam pembangunannya. Kalau dilihat dari luar, bangunan puskesmas ini tak kalah dengan rumah sakit tipe D.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

“Gedung dua lantai ini luasnya mencapai 1.620 meter persegi. Begitu serah terima maka pelayanan yang semula menyewa gedung di SMA PGRI Karangmalang langsung pindah ke gedung baru,”  kata Pejabat Pembuat Komitmen (PPKom) Proyek Pembangunan Puskesmas Karangmalang, Nengah Adnyana Oka Manuaba, Jumat (14/1/2022).

Baca Juga: Ini Puskesmas Terbesar di Sragen dan Satu-Satunya Berstandar Kemenkes

Ada sejumlah layanan kesehatan yang bisa diakses warga di Puskesmas Karangmalang. Di antaraya pelayanan dokter umum, poli gigi, pelayanan penyakit TBC, dan lainnya. Pelayanan tersebut menempati lantai I. Sementara lanta II digunakan sebagai kantor dan aula.

Di antara 25 puskesmas di Sragen, Puskesmas Karangmalang yang paling bagus. ”

Lantai I khusus untuk pelayanan mulai pelayanan dokter umum, poli gigi, pelayanan penyakit TBC, dan pelayanan lainnya. Sementara lantai II untuk kantor dan aula. Gedung ini paling besar dan paling bagus di Sragen,”

Puskesmas ini “Puskesmas Karangmalang ini karena menjadi percontohan Kemenkes maka pada 2023 mendatang akan mendapat bantuan alkes,” sambung Nengah.

Baca Juga: Sragen Dapat Rp15,3 Miliar dari Provinsi untuk Bangun Jembatan Gilirejo

Sebelum pembangunan gedung dua lantai ini rampung, Dinkes Sragen menyewa sejumlah ruang kelas di SMA PGRI Sragen, Kampung Teguh Jajar, Kelurahan Plumbungan, Karangmalang, Sragen, untuk jadi puskesmas. Ini dilakukan agar pelayanan kesehatan bagi warga Karangmalang dan sekitarnya tidak terganggu dengan proyek pembangunan.

Bangunan sekolah itu beralih fungsi menjadi tempat pelayanan Puskesmas Karangmalang sejak Senin (5/4/2021) lalu. Puskesmas Karangmalang meminjam 12 ruang kelas untuk menjadi ruang pelayanan dan kantor. Kerja sama penggunaan ruangan itu akan berlangsung hingga Januari 2022 mendatang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya