SOLOPOS.COM - Calon presiden yang diusung Partai Nasdem Anies Baswedan (kiri) menyampaikan pidato politiknya saat Deklarasi Calon Presiden Republik Indonesia Partai NasDem di NasDem Tower, Jakarta, Senin (3/10/2022). Partai NasDem resmi mengusung Anies Baswedan maju jadi capres untuk Pemilu 2024. (Solopos.com-Antara/Reno Esnir)

Solopos.com, SUKOHARJO — Perkumpulan petani yang tergabung dalam Aliansi dan Konsolidasi Relawan Anies Baswedan (Akrab) berharap Anies Baswedan jadi calon presiden (Capres) 2024-2029.

Hal tersebut mereka sampaikan dalam pra-deklarasi yang dilaksanakan di Majan, Pondok, Nguter, Sukoharjo oleh Akrab, Kamis (3/10/2022).

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Salah satu petani Nguter yang tergabung Akrab, Marjojo, mengatakan pihaknya menginginkan Anies menjadi capres dalam pemilu 2024 agar mendongkrak taraf hidup petani.

“Saya seorang petani miliki harapan besar pencalonan Anies Baswedan sebagi Presiden 2024-2029, menjadi harapan besar bagi kami selaku petani dalam rangka mendongkrak taraf hidup kami,” kata Marjojo pada Solopos.com.

Harapan tersebut ia tuangkan dalam bentuk dukungan nyata sebagi relawan dalam rangka memberikan dukungan. Selain itu Marjojo mengatakan akan memperjuangkan dengan berangkat dari nol sebagai bagian dari grassroot.

Baca juga: Guyub Relawan Nguter Sukoharjo Deklarasi Dukung Anies Baswedan Jadi Capres

Sebagai petani, kesulitan yang ia hadapi saat ini adalah pengadaan subsidi pupuk oleh pemerintah yang mengalami pengurangan tiap tahun.

Kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) yang terjadi September 2022 membuat sejumlah kebutuhan mengalami kenaikan seperti harga pupuk, biaya operasional, serta harga obat-obatan yang digunakan dalam proses pertanian.

“Operasional biaya pertanian meningkat, terutama saat kenaikan BBM [Bahan Bakar Minyak],” lanjut Marjojo.

Selain kesulitan mendapatkan pupuk dan operasional pertanian yang meningkat, harga kebutuhan pertanian seperti obat-obatan untuk menanggulangi hama mengalami kenaikan.

Ketua Akrab Sukoharjo, Marsudi, mengatakan pihaknya Ketua Akrab Sukoharjo, Marsudi, mengatakan sebagai bentuk membantu kesuksesan pencalonan Anies Baswedan dalam capres 2024, ia mengumpulkan relawan grassroot paling bawah.

Baca juga: Ade Armando Bikin Geger Gegara Singgung Anies, Ganjar, dan Pilpres 2024

“Kami mengumpulkan relawan grassroot paling bawah yaitu petani, pedagang, dan pengamen,” kata Marsudi pada Solopos.com, di Nguter, Sukoharjo.

Marsudi mengklaim, dengan relawan dari kalangan bawah akan sukses membuat Anies Baswedan menjadi Presiden 2024. “Saya sebagai orang pinggiran, ingin dipumpin beliau agar Indonesia jadi gemah ripah loh jinawi,” lanjut Marsudi.

Strategi yang diusung relawan beranggotakan 400 orang tersebut adalah menarik relawan dari bawah, karena Marsudi menganggap Anies Baswedan berasal dari nonpartai.

“Relawan dari grassroot yang paling bawah bergerak karena Anies orang nonpartai, independen,” lanjut Marsudi.

Baca juga: Gerindra: Prabowo ke Luar Negeri untuk Mencegah Perang Dunia III

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya